Melakukan Pengembangan Produk

Dalam diskusi kemaren dengan teman-teman kemaren, saya mendapatkan pengalaman baru. Pengalaman yang sangat berharga bagi saya, dalam setiap kegiatan bisnis, hal ini perlu dipahami.

Apa itu? Kenapa penting bagi setiap entrepreneur pengalaman saya ini? Pengalaman tentang bagaimana perlu terus mengembangkan produk atau layanan yang kita berikan kepada konsumen kita. Penting sekali untuk dilakukan pengembangan produk tersebut.

Kenapa? Karena selalu ada perubahan di lingkungan bisnis kita. Lingkungan bisnis selalu berubah itu harus dilihat sebagai peluang dan ancaman buat bisnis kita. Khususnya produk yang dikonsumsi oleh konsumen tersebut.

Apa pelajaran yang bisa diambil? Pertama, menyadari bahwa perubahan lingkungan itu adalah sesuatu yang pasti dan akan berdampak pada konsumen kita. Kedua, mengamati perubahan perilaku konsumen. Perilaku ini relevan dengan need, want dan demand konsumen.

Ketiga, mengamati perilaku pesaing dalam melayani konsumen. Pesaing juga mempengaruhi konsumen kita. Keempat, melakukan tahap-tahap dalam new product development. Mulai pengembangan ide, idea screening, pengembangan produk, uji dulu, lalu komersialisasi.

Kelima, memanage pemasaran new product tadi dengan efektif dan efisien. Keenam, memberikan satu penanggung jawab dalam pengembangan produk.

Ketujuh, terus melakukan evaluasi atas pengembangan produk. Sukses ya buat kita hari ini. Bismillahirrahmanirrahim..

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>