Melakukan Perbaikan Terus Menerus

Dalam rapat tinjauan manajemen atau yang lebih dikenal dengan RTM kemarin, banyak hal yang saya dapatkan dari kegiatan tersebut. Lesson learned yang benar-benar berharga bagi saya selaku entrepreneur. Pelajaran yang sangat berarti dalam konteks bisnis. Tinggal bagaimana memaknainya. Agar bisa memberikan value bagi bisnis kita.

Pelajaran berharga tersebut relevan dengan proses bisnis yang dilakukan. Proses bisnis dari supplier, produksi, sampai dengan menghantarkan produk atau layanan kepada konsumen. Pelajaran utama adalah kenapa perlu melakukan kegiatan ini, berupa evaluasi terus menerus. Akan tetapi, belum memberikan dampak siginifikan bagi perusahaan. Benarkah.

Itulah yang saya tangkap pelajaran dari kegiatan kemaren. Sangat disayangkan kalau kegiatan evaluasi tidak memberikan dampak yang signifikan bagi perusahaan. Oleh karena itu, apa yang pelu dilakukan? Agar evaluasi memberikan manfaat bagi kita dan bisnis kita.

Pertama, harus menentukan objektif daripada kegiatan bisnis kita tersebut. Kembali kepada fondasi bahwa tujuan kegiatan kita apa. Kedua, menyadari value kegiatan tersebut untuk diri kita. Hal ini penting karena harus ada keselarasan antara tujuan pribadi dengan tujuan perusahaan. Begitukah? iyalah…

Ketiga, Memahami manfaat daripada evaluasi bagi diri dan perusahaan. Manfaat evaluasi penting. Keempat, berkomitmen untuk melakukan perbaikan dengan dasar hasil evaluasi tersebut. Komitmen menjadi strategis posisinya bagi pelaksanaan perbaikan tersebut.

Kelima, membuat rencana untuk perbaikan. Rencana perbaikan harus SMART. Keenam, mempersiapkan sumberdaya untuk melakukan perbaikan, seperti man, money, machine, methode, material, market, minute, informasi. Selain itu, perlu disiapkan policy untuk menjalankannya. Ketujuh, langsung kerjakan perbaikan. Jangan ditunda-tunda.

Jadi, perbaikan terus menerus harus dilakukan agar rapat evaluasi yang kita lakukan memberikan manfaat bagi kemajuan perusahaan, saat ini dan yang akan datang.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.