Memahami Strategic Management Model

Pertanyaan yang Saya berikan kepada peserta GIMB School hari ini cukup mengangetkan mereka. Pertanyaan yang tak terduga oleh mereka. Asli, mereka benar-benar kaget.

Pertanyaan Saya tentang model manajemen stratejik. Model ini sangat penting. Sangat memudahkan pemahaman atas manajemen stratejik tersebut.

Manajemen stratejik cukup menakutkan bagi para entrepreneur. Kenapa demikian? Karena cukup membutuhkan pemikiran yang bersifat sistemik.

Dalam model manajemen stratejik, ada tahap-tahap. Tahap-tahap tersebut saling berhubungan. Tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Pada tahap pertama, fasenya adalah environmental scanning. Pada fase ini menganalisis lingkungan internal dan eksternal. Keduanya harus perjelas.

Fase kedua adalah strategic formulation. Memformulasikan strategi adalah ppenting. Terdiri dari beberapa hal penting. Urutannya adalah menentukan misi, objective, strategy dan policy.

Fase ketiga adalah strategic implementation, Tahap ini sangat penting bagi pelaksanaan strategi. Terdiri dari program, anggaran dan prosedur.

Fase terakhir sangat penting juga. Dalam fase ini adalah monetaring dan evaluation. Harus ada penilaian kinerja pada fase ini.

Pemahaman atas fase ini sangat penting. Yuk!!… Belajar terus ya.

 

 

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.