Memanfaatkan Waktu

Salah satu aset utama seorang entrepreneur adalah waktu. Waktu yang sering disebut dengan time. Nah lho,..bukannya uang pak? Tanya mahasiswa saya.

Inilah yang seringkali menjadi perdebatan dan perbedaan dalam pemahaman, masalah waktu. Waktu itu berharga sekali. Bahkan, waktu ini tidak bisa dibeli. Waktu semakin kerasa mahalnya ketika kita menjalankan bisnis.

Apa yang harus kita lakukan? Pertama, menyadari waktu itu adalah aset utama kita. Aset yang tidak bisa di perbaharui. Waktu akan berjalan terus. Kedua, membuat perencanaan yang ketat untuk kegiatan bisnis kita. Perencanaan tersebut relevan dengan pengendalian nanti.

Ketiga, dalam membuat perencanaan, optimalkan semua sumber daya yang relevan dengan bisnis tersebut. Jangan sampai ada yang kelewat. Keempat, melihat acuan pada pemanfaatan waktu yang sudah digunakan. Jangan coba-coba lagi.

Kelima, menjalankan rencana sesuai dengan perencanaan. Ini penting agar waktu itu tidak terbuang sia-sia. Keenam, mengevaluasi pemanfaatan waktu berdasarkan rencana. Akan ada gap dalam rencana dan implementasi.

Ketujuh, lakukan perbaikan. Fokus pada hasil evaluasi dan perbaikan terus-menerus. Sukses buat kita hari ini.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.