Membangun Bisnis yang Kuat

Bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur adalah layaknya seperti hidup manusia. Kenapa demikian? Karena bisnis itu juga mengalami proses. Proses seperti manusia. Ada kalanya proses kehidupan manusia itu lahir, balita, anak-anak, remaja, dewasa, tua dan meninggal. Hal ini adalah sesuatu yang pasti dilewati oleh para entrepreneur.

Pada bisnis juga demikian. Hal ini penting sekali untuk dipahami karena akan mempengaruhi strategi dan program bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur itu sendiri. Jangan sampai salah dalam mengambil strategi dalam bisnis tersebut. Dampaknya pada output dan outcome yang dihasilkan dari setiap kegiatan bisnis tersebut.

Apa yang harus dilakukan? Pertama, tentu harus dipahami bahwa bisnis yang dijalankan ini ditujukan untuk bisnis yang kuat. Bisnis yang kuat ini ditujukan untuk mencapai tujuan bisnis itu sendiri yaitu profit, people dan planet serta sustainability.

Kedua, Menyadari bahwa bisnis tersebut memang seperti layaknya kehidupan manusia. Memang harus dipahami seiring dengan perkembangan bisnis mereka. Ketiga, Memahami bagaimana setiap tahapan dalam siklus hidup bisnis mempengaruhi strategi bisnis tersebut.

Untuk membangun bisnis yang kuat, sangat dipengaruhi oleh bagaimana strategi yang dilakukan pada tahap introduction, pertumbuhan, maturity dan decline. Setiap tahap memiliki strategi yang berbeda.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.