Membangun Budaya Perusahaan

Dalam satu kunjungan ke perusahaan teman kemaren, saya mendapatkan sesuatu yang sangat berbeda. Sesuatu yang sangat baik menurut saya. Apa itu? hal yang sangat berhubungan dengan bagaima karyawannya sudah memiliki sistem pekerjaan yang sangat baik. Sistem manajemen sudah berjalan. Meskipun pimpinan sering tidak ada.

Bagi teman-teman pengusaha atau entrepreneur, menyebutnya kondisi ini sebagai auto pilot. Kondisi yang sudah berjalan dengan baik, ada atau tidak ada pimpinan dalam perusahaan saat itu. Bagi saya, bukan berarti pimpinan tidak peduli dengan kegiatan perusahaan, tetapi mereka fokus pada pengembangan usaha kedepannya.

Salah satu aspek yang paling penting bagi kondisi ini adalah budaya perusahaan. Atau yang lebih dikenal dengan shared value ataupun corporate culture. Budaya perusahaan sudah menjadi sangat penting untuk perusahaan saat ini. Perusahaan yang hebat, memiliki budaya perusahaan yang kuat. Kenapa bisa demikian?

Karena dalam budaya perusahaan itu, terdapat kesamaan nilai, believe, bahasa, attitude, komunikasi antara karyawan dan manajemen. Semuanya satu. Hal inilah yang harus dimiliki oleh perusahaan untuk maju dan berkembang. Bagaimana membangun budaya tersebut?

Pertama, gali nilai-nilai utama dari usaha kita. Yang paling penting adalah menjaga integritas, disiplin, kerja cerdas, menghormati karyawan. Itulah sebagian yang utama. Kedua, Membangun kepercayaan yang kuat untuk keberhasilan perusahaan dan manfaat buat karyawan danmanajemen. Ketiga, menggunakan bahasa yang sama dalam organisasi. Keempat, memiliki attitude yang baik dalam perusahaan. Kelima, melakukan komunikasi yang intens antara manajemen dan karyawan. Demikian juga antara karyawan dengan karyawan.

Keenam, para pemimpin selalu memberikan contoh tauladan kepada para bawahan. Misal masalah disiplin, tidak ada pandang bulu. Semua harus disiplin. Ketujuh, mengevaluasi dan memperbaiki budaya perusahaan dengan baik. Kedelapan, menerapkan reward and punishment system yang jelas. Untuk perusahaan yang terus tumbuh dan berkembang, fokuslah pada pembangunan budaya perusahaan. sukses buat kita hari ini.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.