Membangun Budaya Untuk Perusahaan

web budaya perusahaanAda pajaran yang luar biasa kemaren dari kelas-kelas yang ada di GIMB Entrepreneur School. Halini berasal dari siswa-siswa yang datang untuk belajar dan membangun networking di GIMB bersama denga teman-teman GIMBers lainnya.

Pelajaran ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur seharusnya tidak hanya membangun aspek manajerial dari perusahaan mereka, akan tetapi lebih kepada budaya perusahaan atau bisnis setiap entrepreneur.

Dalam 7S mc Kinsey, jelas budaya perusahaan yang digambarkan dalam bentuk shared value dalam perusahaan akan menjadi integrator dalam perusahaan entrepreneur karena perusahaan tersebut akan menjadi tumbuh dan berkembang secara strategis. Shared value ini merupakan nilai-nilai yang dipegang di perusahaan entrepreneur.

Value merupakan bagian dari budaya perusahaan selain belief, bahasa dan komunikasi yang ada di perusahaan setiap entrepeneur. Budaya perusahaan ini penting karena dalam perusahaan terdiri dari individu-individu dan masing-masing individu juga memiliki nilai-nilai pribadi. Inilah tanggung jawab setiap entrepreneur bagaimana membuat “irisan” antara nilai-nilai yang dimiliki oleh individu dengan nilai-nilai yang dimiliki oleh perusahaan. itulah budaya perusahaan.

Oleh karena itu, tugas utama seorang entrepreneur adalah menetapkan budaya perusahaan (corporate culture) terlebih dahulu. Budaya perusahaan harus didasarkan kepada nilai-nilai, kepercayaan, bahasa dan komunikasi dari setiap entrepreneur dan ditulis dalam kerangka strategic perusahaan setiap entrepreneur.

Budaya perusahaan tersebut harus dijalankan oleh entrepreneur terlebih dahulu. Harus ada kesesuaian antara ucapan dengan tindakan sehingga anggota atau karyawan dalam perusahaan akan mengikuti budaya tersebut. demikian juga dengan sharing tentang nilai kepada karyawan. Jelaskan 5W + 1H kepada mereka agar mereka mengetahui, memahami, menghayati dan menerapkan dalam setiap aktivitas di perusahaa.

Oleh karena itu, entrepreneur perlu membuat budaya perusahaan yang ingin diterapkan di perusahaan sendiri. sukses buat kita hari ini ya….ingat, mari ciptakan bisnis yang bisa mencapai profit, people, planet, sustainabilitiy dan tumbuh dan berkembang…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>