Memberikan Program CSR Kepada Orang yang Tepat, dan Cara yang Tepat juga

Sudah banyak anggaran Corporate Social Responsibility yang digulirkan oleh perusahaan swasta maupun Badan Usaha Milik Negara atau BUMN kepada masyarakat di seluruh Indonesia karena perusahaan-perusahaan tesebut juga tersebar luas diberbagai daerah.
Akan tetapi, kenapa secara ekonomi masih banyak masyarakat yang masih berada dibawah garis kemiskinan, meskipun kata teman saya sebenarnya di dalam garis kemiskinan tersebut juga masih banyak ha2.. ada-ada saja.
Ya itulah kenyataan yang tidak bisa dihindari dalam kehidupa ini ketika masih banyak orang yang miskin meskipun program CSR sudah berjalan lama dan triliunan rupiah sudah digelontorkan kepada masyarakat tersebut.
Salah satu pelajaran utama bagi saya sebagai akademisi dan entrepreneur adalah program tersebut banyak yang tidak tepat sasaran dalam konteks penerima dan caranya… Kenapa demikian? ketika melakukan observasi ke lapangan disekitar perusahaan, banyak sekali hal-hal yang berbeda dengan konteks penerima dana csr tersbeut.

Demikian pula dengan caranya… seringkali hanya berorientasi kepada output dan bukannya outcome dari program csr ini sehingga yang penting dana tersalurkan dan bukannya bagaimana memberikan dana tersebut kepada yang tepat dan cara yang tepat sehingga ekonomi mereka meningkat.

Sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/memberikan-program-csr-kepada-orang.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>