Membuat Diferensiasi Bisnis, HU Bisnis Bandung 28 Juni 2013

Membuat Diferensiasi Bisnis

Assalamualaikum Pak meriza,

Senang sekali berkesempatan bisa menulis pertanyaan kepada Bapak. Saya mendapatkan informasi tentang Bapak dari koran Bisnis Bandung yang saya dapatkan dari teman saya. Beliau waktu ke bandung, mendapatkan koran ini. Saya langsung buka-buka dan tertarik dengan kolom tanya jawab yang bapak bina. Senang sekali.

Bahkan saya langsung buka web bapak dan juga web gimbfoundation. Alhamdulillah, banyak sekali pelajaran yang saya dapatkan dari tulisan-tulisan bapak. Sederhana, mudah dicerna dan selalu berisikan pengalaman dan bapak hubungkan dengan konsep

O iya, perkenalkan pak. Nama saya pujianto, saya sebenarnya pegawai salah satu perusahaan swasta milik asing, atau mnc. Saya sudah bekerja 12 tahun di perusahaan ini. Saya senang pak, cuma, saya juga mengembangkan bisnis bersama istri saya di rumah.

Bagi sebagian orang, bisnis saya sangat sederhana. Karena hanya berdagang kebutuhan sehari-hari dirumah. Bagi orang, kegiatan ini hanya beli barangnya, lalu dipajang dan ditungguin pembeli. Itu aja.
Akan tetapi, tidak demikian bagi saya. Saya punya mimpi bagaimana usaha ini bisa maju. Dan tumbuh berkembang, seperti tulisan bapak di koran Bisnis Bandung.

Saya ingin menumbuh kembangkan bisnis ini pak. Tapi apa yang harus saya lakukan? Sebagai informasi bagi bapak, tempat usaha atau warung saya ini adanya dirumah. Saya kelola dengan istri. Ada satu karyawan.
Disekitar warung saya, banyak juga warung-warung yang menjual produk yang sama. Pasarnya juga sama. Hal ini membuat tingkat persaingan menjadi tinggi.

Mohon saran dari bapak.
Pujianto, cileungsi, bogor

Wassalamualaikum pak pujianto

Waaaah, senangya bapak bisa mendapatkan koran bisnis bandung ini dari teman bapak. Memang koran ini memiliki tujuan untuk meningkatkan pengetahuan pembaca dari aspek pengetahuan bisnis. Dan salahsatunya adalah kolom tanya jawab ini.

Bicara tentang profesi bapak sebagai karyawan, bapak sudah memiliki keunggulan atau advantage. Apa itu? Pengetahuan dan pengalaman bapak sebagai karyawan. Khususnya yang berhubungan dengan manajemen dalam bekerja.

Itu adalah modal yang sangat berharga bagi bapak dalam berbisnis. Modal yang bagi saya, sangat penting untuk menumbuh kembangkan bisnis bapak. Meskipun menurut bapak tadi, bisnis warung itu sederhana. Tidak mudah untuk itu pak.

Untuk menumbuh kembangkan bisnis di warung bapak tersebut, perlu dilakukan beberapa hal. Beberapa aspek ini penting untuk kemajuan bisnis bapak tersebut. Apalagi kerjasama dengan istri.
Pertama, perlu dipahami bahwa warung tersebut adalah bisnis. Bapak harus kembali ke konsep ini. Bisnis itu adalah create money salah satu tujuannya. Artinya, bapak harus berorientasi untuk mendapatkan laba. Laba tersebut didapatkan dari selisih antara total penerimaan dengan total biaya yang dikeluarkan dari bisnis bapak tersebut. Total revenue tersebut berhubungan dengan pemasaran dalam warung tersebut sedangkan Total biaya atau total cost berhubungan dengan operasi dan sumber daya manusia yang mengelola bisnis tersebut.

Kedua, bapak haru bisa mengelola keuangan warung dengan baik. Pengelolaan ini berawal dari pencatatan setiap transaksi penjualan dalam bisnis ini. Selain itu, tentu pencatatan setiap pembelian barang persediaan.

Ketiga, setiap keputusan bisnis bapak mengacu kepada kondisi keuangan tersebut. Harus itu. Tidak ada pengecualian. Karena hasil akhirnya adalah laba. Laba itu diindikasikan dengan uang.

Keempat, bapak fokus juga untuk pemasaran barang dagangan tersebut. Pemasaran ini juga dilakukan dengan melakukan kegiatan promosi untuk produk-produk dagangan bapak. Promosi penting untuk memberitahukan produk-produk bapak dan juga menarik mereka untuk berbelanja ke warung bapak itu.

Kelima, bapak perlu memperhatikan perbedaan warung bapak dibandinfkan dengan warung lainnya. Mereka adalah pesaing bapak. Dalam hal ini, warung bapak harus lebih unggul dibandung mereka.
Perbedaan atau differensiasi ini penting. Agar mampu memberikan daya tarik buat warung bapak. Differensiasi ini penting dan dapat dibagi dua. Satu, content differentiation. Lainnya adalah context differentiation. Demikian juga dengan people differentiation.

Kalau content differentiation, bapak mencoba mencari perbedaan dari barang-barang yang bapak jual. Hal ini penting agar menjadi pilihan bagi konsumen. Apalagi ditekankan kepada kelebihan dari produk yang kita jual dan lebih baik daripada pesaing. Hal inii akan menjadi daya tarik bagi konsumen.
Context differentiation, berhubungan dengan bagaimana bapak memberikan produk kepada konsumen. Bisa saja delivery order untuk menyampaikan produk kepada konsumen
.
People differentiation, berhubungan dengan layanan setiap individu diwarung tersebut. Termasuk juga dari layanan yang bapak berikan sendiri.

Keenam, memperhitungkan proses bisnis bapak. Dari membeli barang dari supplier, di tata waktu pemajangan dan juga menghantarkan kepada konsumen. Ada nilai disetiap tahapan.

Ketujuh, meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap para orang-orang yang terlibat dalam layanan di warung bapak. Hal ini penting untuk menjamin kualitas layanan bapak. Keberhasilan setiap pebisnis itu sangat ditentukan oleh bagaimana mereka terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam berusaha. Dalam konteks ini, Bapak juga perlu terus belajar, belajar dan belajar tentang manajemen warung ini.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>