Membuat Rencana Anggaran

web-membuat rencana anggaranSemalam, dalam perjalanan dari luar kota, sambil menyetir, ada satu pembahasan yang menarik tentang keuangan dan fokusnya untuk membuat anggaran yang dibuat oleh para entrepreneur.
Pembahasan ini berawal dari bagaimana membuat rencana tahun 2014 yang tinggal satu bulan lagi dan bagi entrepreneur waktu ini sangat penting untuk mempersiapkan bisnis di tahun depan. Jangan sampai telat sehingga paradigma yang selalu disampaikan bahwa orang yang gagal membuat rencana, artinya dia merencanakan kegagalan dalam bisnis mereka.
Singkat cerita, bahasan berlanjut dan apa yang harus dilakukan oleh setiap entrepreneur dengan manajemen keuangan bisnis mereka. Padahal, keuangan adalah kegiatan utama dalam setiap bisnis dan diharapkan dapat dikelola dengan sebaik mungkin.
oleh karena itu, para entrepreneur sudah seharusnya selesai membuat anggaran pada bulan November ini dengan baik. Anggaran yang diperuntukkan bagi tahun 2014 adalah kata kunci untuk berhasil nantinya. Tidak bisa dipungkiri bahwa memang banyak entrepreneur yang belum membuatnya.
Untuk membuat anggaran dengan baik, diperlukan pemahaman yang baik tentang keuangan dan akuntansi oleh setiap entrepreneur. Akuntansi adalah bahasanya bisnis dan menjadi ciri utama setiap entrepreneur untuk berhasil dengan bisnis tersebut.
 Membuat anggaran, diawali dengan melakukan analisis terhadap capaian barupa revenue tahun kemarin ditambah dua tahun kemarin. Demikian juga dengan komponen biaya dan nilai biaya yang sudah dikeluarkan. Kondisi ini akan menjadi titik awal dalam membuat anggaran bagi usaha para entrepreneur.
Bisa dibayangkan bagiamana anggaran akan menjadi sia-sia bila tidak didasarkan kepada capaian beberapa tahun lalu. Pastinya hasilnya juga akan ngaco dan tidak bermakna sedikitpun bagi aktivitas bisnis entrepreneur.
Setelah menganalisis capaian dan biaya, barulah dianalisis kondisi lingkungan bisnis, baik internal dan eksternal yang akan terjadi di tahun depan. Peramalan akan kondisi tahun depan menjadi penting karena akan bisa memprediksi kondisi optimis, moderat dan pesimis bagi usaha entrepreneur.
Hasil analisis ini akan membuat entrepreneur menjadi lebih baik dalam merencanakan berapa target revenue dan biaya yang akan dikeluarkan tahun depan. Tidak boleh salah memprediksi pertumbuhan tahun depan. Inilahyang paling penting dalam membuat anggaran.
Kegiatan membuat anggaran akan semakin asyik bila hal ini bisa dilakukan oleh para entrepreneur sejak awal atau bulan november sehingga desember bisa mempersiapkan tahun 2014 dengan lebih baik sembari tetap mengejar target yang belum tercapai. Sukses buat kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.