Memulai Bisnis = Berani Dulu atau Kuasai Dulu Ilmu ?

Artikel pilihan calon anggota GIMBers Community hari ini, adalah artikel dari Muhammad Ali As-Sidiq,

di ambil dari sitenya, check this out !

Ass wr wb, siang cerah di minggu pagi, saya akan sedikit share kepada  rekan-rekan yang memiliki keinginan berwirausaha.

Melihat trend saat ini banyak anak muda khusunya mahasiswa yang beramai-ramai ingin membuka usaha atau menjadi entrepreneur, sungguh trend yang sangat baik, di tengah situasi akan kemampuan pemerintah dan lingkungan yang tak kunjung signifikan dalam menjamin ketersediaan lapangan pekerjaan, sementar ribuan atau ratusan ribu mahasiswa yang tiap tahunnya lulus dan mencari kerja.

Pertama apa tujuan kita? apaka hanya mengikuti zaman dan trend gengsi atas anak-anak muda yang terkenal dalam berwirausaha?

Dalam hal ini saya langsung saja, bahwa tujuan saya sukses untuk banyak membawa manfaat bagi lingkungan sekitar, sehingga hal ini akan menjadi pembeda dalam langkah kita selanjutnya.

Sesungguhnya tidak salah saya melihat para motivator membanjiri otak banyak anak muda dengan gerakan “otak kanan”,”just do it”,”berani nekat”,”yang penting cari pengalaman dulu”.

Menurut survey, termasuk hal yang saya rasakan sendiri, ketika kita memulai bisnis hanya dengan semangat tanpa berpikir realistis dengan ilmu,  maka yang terjadi 90 % gagal, (termasuk saya, memulai bisnis dengan modal passion dan semangat tanpa memiliki ilmu memadai, bisnis caffe yang hanya bertahan 8 bulan dan berakhir dengan beban hutang puluhan juta, untuk mahasiswa seperti saya sungguh itu warisan yang cukup membebani).

Jauh lebih baik apabila para anak muda yang sudah terstimulus dan terbangun jiwanya untuk berwirausaha ini mau sedikit lagi bersabar, dengan lebih mempelajari detail  ilmu yang memadai, sebelum terjun kedunia bisnis yang sebenarnya, karena dengan mempelajari ilmunya (yang mana tidak bisa sebentar) banyak hal termasuk resiko kegagalan akan jauh berkurang, dibanding dengan para wirausaha pemula yang masuk ke medan bisnis hanya bermodal semangat dan nekat.

Mungkin seminar-seminar dan buku-buku yang membedah bagaimana cara berbisnis cepat, bagaimana mengunakan otak kanan supaya langsung sukses dan yang serupa dengan itu , merupakan ajang bisnis mereka para pengelola (motivator, writter,dll) dalam mengeruk keuntungan dalam memanfaatkan trend bisnis yang sedang melaju pesat di anak muda.

Tidak ada yang salah dengan itu karena itu halal, (menjual motivasi dan mimpi) namun lebih baiknya bila stimulus yang diberikan didampingi dengan ilmu pasti yang memadai, sehingga para pemula ini mampu memulai bisnis mereka pada trek yang benar.

Bersabarlah sedikit dengan mau belajar ilmu nya secara mendetail dan mendalam sebelum terjun kedalam dunia bisnis, insyallah lebih tertata, lebih nyaman dan berada pada trek yang benar.

Semoga ada manfaatnya bagi rekan-rekan muda yang berniat terjun kedunia bisnis,,

 Namun ternyata ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam mem

“Barangsiapa yang ingin sukses dunia, maka pelajari ilmunya,barang siapa ingin sukses akhirat maka pelajari ilmunya,barangsiapa ingin sukse keduanya, maka pelajari ilmu keduanya”

So jangan ragu untuk pelajari dulu ilmunya.

m.ali.as

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.