Menang – Kalah Dalam Persaingan Bisnis

Barusan saya membaca status di facebook tentang pertandingan Persib melawan tim sepak bola yang lain. Dan disitu jelas ada siapa yang menang dan yang kalah, itulah permainan. Bagaimana dengan bisnis? Apakah hal ini juga berlaku?

Jelas sekali, bisnis itupun seperti permainan atau games dan tujuan dari setiap pebisnis adalah agar mereka bisa memenangkan persaingan. Hal ini disebut dengan competitive advantage. Bagi setiap entrepreneur, area bisnis itu seperti sering disebut dengan area pertandingan. Dalam hal ini, setiap entrepeneur harus bisa memenangkan persaingan.

Apa yang dibutuhkan untuk memenangkan hal tersebut? inilah yang disebut dengan manajemen stratejik. Para entrepreneur seringkali saya sebut sebagai ahli strategi yang bertugas untuk memenangkan persaingan. Persaingan yang saat ini sudah sering disebut dengan persaingan yang berdara-darah. Itulah apa adanya dalam konteks bisnis tersebut.

Strategi itu pada intinya bagaimana memilih dari berbagai pilihan dan pilihan terserbut harus pilihan yang terbaik. Terbaik dalam indikator memberikan value yang optimal bagi perusahaan. Untuk apa? untuk mencapai tujuan perusahaan yang selama ini saya bagi kepada teman-teman. Apa itu? Profit, people, planet dan juga adanya sustainability bagi bisnis tersebut.

Kemampuan setiap entrepreneur menilai kekutan dan kelemahan diri adalah awal dari berfikir stratejik. Demikian juga dengan melihat peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal. Hal ini dimaksud dengan environmental scanniing dalam konteks manajemen stratejik. Kemudian membuat pilihan-pilihan terbaik. banyak pilihan strategi bagi para pebisnis.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.