Menciptakan SDM Tangguh

 

Dalam menghadapi persaingan bisnis saat ini, keunggulan bersaing suatu bisnis yang dijalankan oleh para entrepreneur terletak pada bagaimana sumber daya manusia yang mereka miliki mampu knoledge, skill dan attitude yang unggul. Selain itu, juga berhubungan dengan morale mereka terhadap perusahaan.

 

Sumber daya manusia yang tangguh itu adalah aset yang paling berharga saat ini. Aset yang menentukan keberhasilan bisnis saat ini dan yang akan datang. Inilah kuncinya. Kunci mencapai perusahaan yang unggul juga. Tidak bisa dipungkiri.

 

Bagaimana menciptakan sumber daya manusia yang tangguh tersebut? pertama, tentu pemahaman konsep peranan sumber daya manusia yang tangguh tersebut menjadi kunci buat kita.

 

Kedua, membuat setiap proses rekrutmen dari karyawan menggunakan metode yang jelas. Metode ini menentukan keberhasilan dalam berbisnis nantinya, khususnya untuk para karyawan yang direkrut. Metode yang digunakan adalah bagiamana melakukan rekrutmen terhadap beberapa orang dan dilakukan dalam bentuk forum terbuka. Disinilah terlihat bagaimana knowledge, skill dan attitude dari para calon karyawan.

 

Ketiga, memberikan pelatihan kepada para karyawan. pelatihan ini tidak boleh dianggap enteng karena berhubungan dengan bagaimana setiap karyawan  memberikan kontribusi mereka yang optimal nantinya. Tidak bisa dianggap enteng hal ini.

 

Keempat, memberikan pengembangan pada setiap entrepreneur. hal ini berhubungan dengan bagaimana career planning mereka nantinya. Hal ini penting karena menyangkut hidup mereka nantinya. Ada harapan dari setiap career yang mereka jalani kedepannya.

 

Kelima, memberikan kompensasi yang bersaing bagi para karyawan. kompensasi ini akan menentukan apa yang mereka dapatkan nantinya ketika bekerja dengan kita.

 

Keenam, memberikan ruang berkreasi kepada setiap karyawan. ruang ini akan menentukan bagiamana mereka bisa berkontribusi lebih kepada karyawan. ketujuh, menerapkan reward dan punishment kepada parakaryawan. Hal ini penting untuk mejaga keseimbinganbagi karyawan dalam bekerja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>