Mendalami Lingkungan Bisnis

lingkungan-business-2-(editSemalam, dalam kelas GIMB Entrepeneur Foundation, bahasannya sangat tajam dan membuat mata teman-teman entrepeneur menjadi terbuka. Betapa pentingnya memahami bisnis dan lingkungan bisnis untuk kemajuan dan tumbuh serta berkembangnya bisnis kedepannya.
Salah satu isu yang paling penting menjadi bahasan adalah tentang lingkungan individu dari setiap entrepeneur dan pengaruhnya terhadap bisnisĀ  yang dijalankan. Selama ini memang konteks bisnis yang saya lihat dalam analisis lingkungan.
Tentu para entrepreneur maupun manajer concern terhadap linkungan bisnis internal dan eksternal yang mempengaruhi bisnis mereka. lingkungan internal sendiri lebih ditekankan kepada aspek kekuatan dan kelemahan dari keuangan, pemasaran, operasi, sumber daya manusia, budaya perusahaan dan fasilitas pendukung.
Demikian juga dengan lingkungan eksternal yang terdiri dari dua yaitu mikro dan makro. Mikro sendiri bisa di kembangkan menjadi consumer, competitor, channel of distribution sampai kepada supplier. Semua lingkungan ini berpengaruh terhadap bisnis itu sendiri.
Akan tetapi, ada satu lagi lingkungan yang harus menjadi perhatian seorang entrepeneur karena faktor ini sangat penting untuk diperhatikan. Apa itu? Lingkungan pribadi dari setiap entrepeneur. Inilah yang sering kurang diperhatikan oleh para entrepeneur.
Setiap entrepreneur itu adalah manusia dan mereka sangat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal diri mereka sendiri. inilah yang harus diketahui dan selanjutnya dimanage agar terus bisa memberikan optimasi dalam perjalanan bisnis entrepeneur.
Self control atas diri sendiri menjadi key success factor dan internalnya terdiri dari persepsi, motivasi, learning, personality dan attitude. Adapun faktor eksternalnya, adalah family, lingkungan sosial dan budaya. Hal ini perlu dipahami agar entrepeneur bisa sukses dalam bisnis mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.