Mendalami Proses Bisnis

Bisnis tetap berorientasi pada bagaimana pencapaian tujuan perusahaan yaitu profit. Profit atau laba yang hendak dicapai oleh manajemen perusahaan harus benar-benar dipahami oleh setiap bagian dalam perusahaan. Salah satunya adalah bagian yang bertanggung jawab terhadap proses bisnis yang ada dalam suatu perusahaan.

Dalam konteks profit tersebut, dipahami suatu persamaan yaitu Total Profit = Total Revenue – Total cost. Pada kesempatan ini, penekanan pembahasan berhubungan dengan total cost atau total biaya yang melekat pada proses bisnis yang kita jalankan. Total cost tersebut merupakan gabungan dari biaya tetap dan sya variabel.

Kenapa bahasan kali ini menekankan kepada aspek proses bisnis? proses bisnis ini adalah gabungan dari kegiatan dari supplier sampai kepada konsumen. Proses bisnis berhubunngan dengan total cost yang melekat pada setiap perusahaan.

Aspek ini seringkali kurang diperhatikan oleh setiap entrepreneur. aspek proses bisnis harus menjadi pertimbangan dari setiap entrepreneur agar terjadi efisiensi terhadap bisnis yang dijalankan. efisien akan membantu peningkatkan profit perusahan.

Lalu, apa yang harus dilakukan? pahami dengan baik proses bisnis yang kita jalankan dalam perusahaan atau bisnis kita tersebut. Proses bisnis ini akan menjadi acuan kepada pelaksanaan kegiatan bisnis dalam rangka efisiensi dalam bisnis tersebut.

Semoga hari senin ini menjadi awal buat minggu ini untuk memperbaiki proses bisnis kita….. Semangat untuk menjadi Knowledge Based Entrepreneur.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.