Mendengarkan masukan bawahan

Mendengar.. mungkin konsep ini sudah sering kita dengar ataupun liihat ataupun diajarkan oleh para guru, mentor, orang tua dan bahkan orang-orang yang belum pernah kita tahu disekeliling kita. Mendengarkan apa yang disampaikan oleh orang-orang terdekat kita, termasuk bawahan adalah menjadi kegiatan utama dalam kerangka manajemen.

 

Kenapa ini perlu menjadi perhatian utama? Karena mendengar adalah bagian dari aktivitas komunikasi yang harus dikuasai secara baik oleh seorang manajer ataupun entrepreneur yang sejatinya menjalankan fungsi sebagai manajer.
Seringkali saya melihat banyak manajer yang malah aktif ngomong dan tidak memberikan kesempatan kepada bawahannya untuk menyampaikan pendapat mereka kepada para manajer atau entrepreneur tadi. Akibatnya adalah bawahan hanya menurut saja dengan apa yang disampaikan dan tidak banyak yang mereka berikan kepada manajemen.
Salah sekali kalau memiliki kebiasaan seperti ini dimana bawahan tidak banyak ngomong kepada manajer atau atasa karena kondisi ini tidak baik bagi perusahaan dan tidak memberikan kesempatan bawahan untuk memberikan masukan.
Apa yang perlu dilakukan? Berikan kesempatan bawahan untuk menyampaikan masukan kepada kita karena sebenarnya mereka memiliki knowledge, skill dan attitude yang potensial untuk memberikan kontribusi terhadap pencapaian tujuan perusahaan.

by: Meriza Hendri

Sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/mendengarkan-masukan-bawahan.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.