Mendesain Program PKBL

Dalam satu kesempatan kemaren, saya diminta untuk membantu salah satu Badan Usaha Milik Negara atau BUMN yang berpusat di Bandung dalam kegiatan mendesain program Kemitraan dan Bina Lingkungan atau PKBL di perusahaan mereka.
Kegiatan ini berhubungan dengan peningkatan manfaat PKBL kepada masyarakat disekitar perusahaan yang menjadi tanggung jawab dan merupakan stakeholder perusahaan dalam rangka mencapai tujuan perusahaan kedepannya.
Berdasarkan pengamatan yang  saya lakukan, program PKBL BUMN seringkali diarahkan pada aspek output dan bukannya outcome yang dicapai, dalam artian manfaat bagi konsumen dan stakeholder belum optimal.
Desain program PKBL sebenarnya sudah bisa didasarkan pada Permen BUMN no 5 taun 2007 tentang PRogram Kemitraan dan Bina Lingkungan itu sendiri. Target keuangan serta kondisi yang harus dipenuhi oleh mitra binaan juga sudah digambarkan. Akan tetapi, kenapa masih belum optimal.

Selain permen BUMN tersebut, dapat juga dijadikan acuan ISO 26000 tahun 2010 tentang guidance on social responsibility dalam mendesain program PKBL.

Sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/mendesain-program-pkbl.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>