Mengajak UMKM untuk Berfikir BSC

Beberapa hari ini, saya bertemu dengan para entrepreneur dan mengingatkan mereka untuk memperhatikan beberapa hal dalam bisnis itu sendiri. Hal-hal tersebut sangat relevan dengan kegiatan bisnis itu sendiri. Penting untuk diperhatikan bagaimana setiap entrepreneur tidak hanya fokus pada satu aspek, tetapi empat aspek dalam bisnis itu sendiri.

Apa saja? Mereka lebih fokus pada modal awal dari setiap usaha. Modal berupa uang adalah modal yang menjadi pertimbangan utama bereka dalam berbisnis. Penting untuk bisnis, akan tetapi, belum tentu itu juga semuanya.

Dalam bisnis yang mereka jalankan, saya mengajak para entrepreneur tersebut untuk berfikir pada aspek utama dalam bisnis. Aspek tersebut terdiri dari empat hal dan saling tergantung satu sama lain. Benarkah? Benar sekali dalam konteks bisnis.

Pertama itu keuangan. Bisnis itu benar-benar kinerjanya dilihat dari aspek keuangan. Aspek inilah yang dilihat dari aspek kinerja perusahaan. Kedua adalah pemasaran. Aspek ini relevan dengan bagaimana perusahaan mampu memasarkan produk mereka kepada konsumen. Tujuannya tentu untuk meningkatkan penerimaan perusahaan.

Ketiga adalah bagaimana mengelola proses bisnis perusahaan. Proses bisnis inilah yang menentukan kualits produk yang dihasilkan untuk para konsumen. Tentu, target utama setiap perusahaan adalah bagaimanan konsumen puas denganproduk mereka.

Keempat adalah bagaimana entrepreneur tersebut mengelola karyawan atau sumber daya mereka. Sumber daya disini adalah sumber daya manusia yang selalu berhubungan langsung dengan aktivitas bisnis mereka. penting untuk dipahami agar bisa menciptakan produktivitas yang tinggi bagi perusahaan itu sendiri.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.