Mengajar Akuntansi Kelas GES Batch 13

akuntansi batch 13 8 maretKelas yang paling ditunggu-tunggu oleh para entrepeneur adalah kelas yang berhubungan dengan akuntansi setelah kelas manajemen keuangan. Kelas ini penting agi setiap entrepeneur karena berhubungan dengan esensi bisnis yang mereka jalankan yaitu bagiamana berbisnsi itu bisa mengelola keuangan. Statement yang selalu dipegang adalah bahwa bisnis tersebut adalah UUD atau ujung-unjungnya duit.

Kelas GES Batch 13 disampaikan oleh Kang Meriza dan membahas hakekat akuntansi bagi para entrepeneur terlebih dahulu. Pesan yang disampaikan bahwa tugas utama seorang entrepeneur adalah membuat keputusan dan sumber keputusan itu adalah kondisi keuangan perusahaan yang dilihat dari laporan keuangan para entrepreneur.
Laporan keuangan memang tidak dibuat oleh para entrepeneur karena itu dapat dilakukan oleh karyawan mereka. akan tetapi, prinsip utama dalam akuntansi harus dipahami yaitu setiap transaksi bisnis yang melibatkan uang harus dicatat oleh para entrepeneur. kemudian, dikelompokkan sesuai dengan akun yang ada dalam bisnis mereka, kemudian dibuatkan laporan keuangan yang terdiri dari neraca, laporan laba rugi, perubahan arus kas dan juga perubahan modal.
Inilah yang menjadi concern setiap entrepeneur dalam berbisnis sehingga keputusan bisnis yang mereka buat menjadi efektif dan efisien. Peserta yang hadir langsung diarahkan bagaimana memahami prinsip dasar ini dalam bisnis mereka agar bisa memberikan value yang optimbal bagi bisnsi mereka tersebut. Selama ini mereka kurang memperhatikan aspek akuntansi ini.
Setelah itu, siswa diajak untuk mengisi neraca perusahaan mereka yang nantinya dijadikan sebagai dasar untuk membuat laporan keuangan bisnis mereka. Alhamdulillah, peserta langsung bertanya dan menjalankan apa yang sudah didapat dalam bentuk neraca sebagai salah satu laporan keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.