Mengajar di Kelas GIMB Entrepreneur School Batch 11

web batch 11Siang ini, saya berkesempatan untuk mengajar kelas GIMB Entrepreur school (GES) batch yang ke 11, pada pukul 14.00 – 17.00 WIB. Materi kelas hari ini berhubungan dengan strategic management yang sangat dibutuhkan oleh para entrepreneur dalam membangun bisnis mereka kedepan.

Kelas hari ini dihadiri oleh sebagian siswa yang memang concern untuk menumbuhkembangkan bisnis mereka. Fokus mereka adalah bagaimana membuat bisnis yang saat ini belum berkembang menjadi luar biasa agar bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan dan selalu dibilang bagaimana bisnis tersebut bisa mencapai profit, people, planet serta sustainability dan tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.
Pemberian materi tentang strategic management dimulai dengan kasus dimana siswa diminta untuk mendesain bisnis mereka untuk 10 tahun yang akan datang. Apa yang mereka inginkan terhadap bisnis tersebut selama 10 tahun sehingga akan menjadi blue print dalam menjalankan setiap bisnis mereka. ini penting karena dibutuhkan guidance oleh entrepreneur dalam berbisnis.
Setelah siswa membuat materi bisnis dan rencana mereka untuk 10 tahun kedepan, mulailah mendesain apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. Dalam konteks strategi bisnis, apa yang dilakukan ini sudah menjadi bagian dari apa yang yang mereka sebut manajemen stratejik.
Penjelasan konsep strategi, stratejik, manajemen dan manajemen stratejik sendiri menjadi bagian yang tidak terpisahkan karena memang siswa diminta untuk bisa memiliki kerangka stratejik dalam bisnis mereka.
Dalam hal ini, siswa diajak untuk berdiskusi tentang konsep-konsep tadi dan membuat berbagai hal mendasar untuk bisnis mereka, khsusunya yang relevan dengan manajemen stratejik tersebut.
Kelas sore ini diakhir dengan membuat rencana dalam bentuk analisis lingkungan internal dan eksternal darisetiap bisnis entrepreneur agar bisa didapatkan mana peluang yang bisa di optimasi dan manajemen ancaman yang bisa diminimalisir oleh setiap entrepreneur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.