Mengajar Manajemen Keuangan, GIMB School Batch 2, 11 Mei 2013

Suasana GIMB School Batch 2

Pendidikan tadi pagi adalah masalah manajemen keuangan bagi para entrepreneur yang mengikuti program GIMB Entrepreneur school. Tema yang diambil adalah masalah manajemen keuangan. Wah, berat tuh…celetuk sebagian siswanya.

Menarik juga celetukan dari siswa tersebut, Kenapa? karena berhubungan dengan keuangan dalam bisnis yang mereka jalankan selama ini. Perlu ditegaskan bahwa bisnis tersebut memang benar berhubungan dengan uang. Dalam konteks Saya, sering dimunculkan celetuk, UUD atau ujung-ujungnya duit.

Manajemen keuangan Saya relevankan dengan balanced scorecard yang menjadi acuan utama dalam mengajarkan strategic management. Hal in menjadi sangat penting karena keuangan tersebut menjadi acuan untuk melihat kinerja perusahaan.

Pelajaran tadi bagi Saya mulai dengan membahas perspektif keuangan dalam bisnis tersebut. Hal ini relevan dengan penjelasan tentang tugas manajemen keuangan, definisi dan lain-lain. Manajemen keuangan tersebut akan membantu apa yang dituju oleh manajemen keuangan.

Selanjutnya adalah membahas key performance indicator atau dalam konteks balanced score card disebut dengan measurement. Ada indikator yang harus di diperjelas sehubungan dengan keuangan tersebut. Setelah itu, dibuat target dan program atau initiative dalam perspektif keuangan tersebut.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>