Mengajar Operation Management di Kelas GES Batch 9

web operation managementSalah satu materi pelajaran yang tidak bisa ditinggalkan oleh setiap entrepreneur dalam kelas GIMB Entrepreneur School atau GES adalah tentang operation management. Hal ini dihubungkan dengan konsep internal business process dari setiap bisnis yang ada dalam bisnis para entrepreneur itu sendiri.
Materi ini adalah materi lanjutan dari keuangan, pemasaran yang sudah diberikan menjadi bagian dari balanced scorecard. Konsep operation management tidak disamakan dengan konsep production karena production itu merupakan bagian dari proses bisnis.
Hal mendasar yang diajarkan kepada siswa malam ini adalah konsep proses bisnis, bagaimana memetakan proses bisnis yang ada dalam setiap bisnis entrepreneur, kemudian di buat SOP nya. Kegiatan ini penting agar diketahui bagaimana proses bisnis dari setiap entrepreneur.
Selanjutnya adalah menjalankan proses bisnis tersebut dengan optimal agar dicapai apa yang sudah direncanakan dan ditargetkan oleh setiap entrepreneur. Kang Meriza mendjelaskan materi ini secara gamblang dan menunjukkan dimana kesalahan setiap entrepreneur dalam melihat proses bisnis mereka.
Ada konsep lain yang harus menjadi perhatian setiap entrepreneur adalah memperbaiki atau continues improvement dari setiap proses bisnis yang ada. Kata orang, ada proses bisnis yang panjang, bisa dipendekkan, yang berbelok-belok, bisa diluruskan dan yang terlalu birokratis, bisa disederhanakan.
hal ini penting bagi entrepreneur untuk mengupayakan bagaimana efisiensi dalam bisnis mereka dan juga meningkatkan layanan kepada konsumen serta mencapai keunggulan bersaing dalam setiap bisnis mereka. inilah yang akan membuat bisnis entrpreneur bisa tumbuh dan berkembang setiap saat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>