Meningkatkan Morale Entrepeneur Jawa Barat

GIMB FoundationAkhir-akhir ini, pemerintah semakin gencar mendukung pengembangan entrepeneurship di negara ini. bahkan sampai presiden pun turun untuk mendukung gerakan kewirausahaan Nasional dalam bentuk acara seremonial dan juga program pendukung lainnya. Demikian juga dengan pemerintah daerah yang salah satunya adalah Provinsi Jawa Barat. Banyak program yang disusun oleh pemerintah Pusat dan Provinsi agar mendukung tercipta dan berkembangnya entrepeneurship.

Gubernur Ahmad Heryawan dan Wakil Gubernur Deddy Mizwar merupakan kepala daerah yang terus mendukung entrepeneurship. Pengembangan entrepeneurship menjadi salah satu program utama mereka dan bahkan sudah diturunkan kedalam bentuk penciptaan 100.000 entrepeneur. Hal ini sangat positif dan menjadi dukungan kepada anak muda untuk menjadi entrepeneur.

Akan tetapi, apa yang terjadi sekarang? Perubahan ekonomi yang begitu cepat yang dalam bahasa para akademisi sedang mengalamai turbulensi, benar-benar membuat entrepeneur sering “galau” menghadapi kondisi ini yang berdampak kepada bagaimana sikap mereka menjalankan bisnis tersebut. kegalauan ini wajar saja karena memang berbisnis tersebut berhadapan dengan berbagai perubahan dalam lingkungan yang akan berdampak kepada bisnis itu sendiri.

Ada ancaman yang luar biasa yang akan dihadapi mereka sehubungan dengan perubahan lingkungan khususnya ekonomi ini. mereka takut bisnis ini akan rugi nantinya. padahal sudah berinvestasi yang tidak sedikit dalam bisnis tersebut. Bagaimana pertanggungjawawan investasi ini nantinya?

Pemerintah merupakan salah satu pihak yang sangat bisa membantu mengurangi “kegalauan” entrepeneur menghadapi perubahan lingkungan ini. Sebagai regulator dan pimpinan di daerah, pemerintah bisa meningkatkan morale entrepeneur dalam berbisnis. Morale ini menjadi modal yang sangat strategis sifatnya ditengah perubahan lingkungan bisnis ini.

Morale itu berhubungan dengan confidence, disiplin dan antusiasme seorang entrepeneur dalam menjalankan bisnis mereka karena memang entrepeneur konsisten dengan bisnis. Kepercayaan diri dan kepercayaan kepada pemerintah sangat dibutuhkan oleh entrepeneur dalam menghadapi situasi ini.

Adanya dukungan pemerintah dengan mengeluarkan kebijakan dan peraturan yang berpihak kepada entrepeneur saat ini bagaikan amunisi yang sangat berharga dan penting sekali untuk bisnis mereka dikemudian hari. Ini kata kuncinya. Dukungan pemerintah. Artinya, apa yang bisa dilakukan oleh pemerintah provinsi untuk mengurangi dampak negatif dari pelemahan ekonomi  sangat diharapkan oleh entrepeneur.

Confidence inilah yang sedang diuji bagi setiap entrepeneur. Kalau hancur confidence mereka, selesailah mereka berbisnis. Hati-hati dengan kondisi yang sedang dihadapi saat ini. tingkatkan kepercayaan mereka dalam berbisnis.

Disiplin mereka juga perlu ditingkatkan dalam berbisnis. Seperti yang sering disampaikan bahwa bisnis adalah sebua proses yang membutuhkan dimensi waktu yang tidak sebentar. Penting untuk dipahami bahwa dalam menjalani proses tersebut, sangat dibutuhkan disiplin yang tinggi dari setiap entrepeneur. Hal ini bisa dilakukan dengan penyadaran kepada entrepeneur akan pentingnya disiplin tersebut dalam berbisnis.

Disiplin ini bisa terus dilatih pada diri setiap entrepeneur dalam menjalankan bisnis. Peningkatan disiplin ketika menghadapi perubahan lingkungan bisnis akan membuat bisnis tersebut semakin kuat dan akan bisa melewati perubahan lingkungan ini.

Antusiasme dari setiap entrepreneur juga harus ditingkatkan dalam melewati fase-fase berat seperti sekarang ini. Antusiasme dibentuk dengan adanya kesungguhan hati dari setiap entrepeneur dalam menjalankan bisnis. Dengan antusiasme, entrepeneur semakin bergairah dalam bisnis. Hal ini bisa dicapai apabila pemerintah juga memiliki antusiasme yang tinggi dalam mengembangkan perekonomian daerah Jawa Barat dan juga mendukung setiap program yang berhubungan dengan entrepeneurship.

Jadi, dalam kondisi saat ini, sangat dibutuhkan peningkatan morale setiap entrepeneur agar bisa menjadi pemenang dalam bisnis mereka dalam rangka pencapaian tujuan bisnis yaitu profit, people, planet, sustainability dan juga bisnis yang terus tumbuh dan berkembang dari mikro, kecil, menengah sampai dengan perusahaan besar. Pemerintah sangat memegang peranan penting untuk meningkatkan morale para entrepreneur karena peran pemerintah sebagai leader di Provinsi Jawa Barat ini. Yakinlah setiap entrepeneur bisa melewati setiap perubahan lingkungan yang turbulen ini dengan tetap bisa mencapai tujuan yang sudah ditetapkan. Sukses selalu buat para entrepeneur di Jawa Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.