Menjaga Kredibilitas

Kredibilitas….. rasanya sudah tidak asing bagi para entrepreneur dalam menjalankan bisnis mereka. Kredibilitas ini berhubungan dengan karakteristik seorang entrepreneur. Konsep ini sangat penting dimiliki oleh para entrepreneur. Kenapa demikian? Demikiankah?

Itu yang saya dapatkan kemaren ketika bertemu dengan para entrepreneur sukses. Mereka sangat menjaga kredibilitas sebagai entrepreneur. Kredibilitas tersebut adalah awal yang harus mereka miliki untuk berhasil. Kesuksesan mereka sangat ditentukan oleh kredibilitas ini. Kredibilitas tersebut membuat orang mampu kesuksesan mereka.

Apa yang harus dilakukan sebagai seorang entrepreneur? Pertama, memahami konsep kredibilitas tersebut. Konsep kredibilitas ini berhubungan dengan bagaimana kesan kita dimata para stakeholder kita. kesan atau image tentang kita sebagai entrepreneur yang baik, tepat dan sesuai dengan penampilan kita itu sendiri.

Kedua, Memahami peranan daripada kredibilitas itu sendiri. Kredibilitas tersebut sangat berpengaruh terhadap image setiap entrepreneur dimatas stakeholder mereka. Bagaimana image positif para entrepreneur dimata konsumen, kreditor, agen atau reseller, pesaing dan lain-lain akan sangat menentukan kesuksesan mereka.

Ketiga, menyesuaikan penampilan kita sebagai entrepreneur dengan status kita sendiri. Hal ini penting. Image tersebut akan menentukan kepercayaan para stakeholder kepada kita sendiri. Keempat, menjaga konsistensi kredibilitas kita dimata para entrepreur.

Kelima, terus belajar tentang perilaku stakeholder kita sendiri. Perilaku mereka akan bisa menuntun kita dalam menjaga kredbilitas tersebut. Akan tetapi, menjaga identitas diri sendiri. Jangan sampai terpengaruh dengan keinginan para stakeholder tersebut.

Keenam, mengevaluasi image kita dimata stakeholder. Evaluasi ini akan membantu kita menilai bagaimana tanggapan para stakeholder. Disinilah kita akan mengetahui gap antara harapan dengan kenyataan terhadap image kita dimata para stakeholder.

Terakhir, lakukan perbaikan. Ini yang paling penting. Kredibilitas tersebut harus terus diperbaiki. Perbaikan akan membantu kita untuk mencapai tujuan dari krediblitas Mari kita jaga kredibilitas kita bersama. Sukses untuk kita hari ini.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.