Menyadari Bisnis Ini Berproses

Dalam satu buku yang saya baca tadi malam, tentang Warren Buffet, saya mendapatkan satu pelajaran berharga, selain banyak pelajaran lainnya. Pelajaran yang memperkuat pemahaman akan bisnis. Apa itu? pelajaran tentang bagaimana berbisnis dengan baik. Apa itu pak?

Pelajaran yang memperkuat persepsi saya selama ini. Tentang bisnis itu berproses. Tidak ada yang bisa berhasil dengan bisnis dalam waktu pendek. Tidak ada. Semuanya berproses. Itu adalah suatu kenyataan yang tidak bisa ditolak.

Lalu, apa relevansinya dengan bisnis dan kita sebagai entrepreneur? Kita harus melakukan beberapa hal untuk itu. Dimensi 10 tahun yang saya selalu sampaikan, memang juga disampaikan dalam buku tersebut.

Pertama, menyadari bahwa bisnis tersebut berproses. Kita bukan berjudi, dalam waktu pendek menang. Bukan itu. Kedua, Bisnis itu jangka panjang. 10 tahun adalan dimensi waktuyang biasa jadi patokan. Ingat, sustainability. Ketiga, berbisnis dengan pengetahuan. Apa itu? bisnis dan manajemen.

Empat, berkomitmen untuk bisnis ini. Jangan pernah tidak komitmen karena menjalankan bisnis itu butuh komitmen tinggi. Lima, fokus dengan bisnis tersebut. Jangan tergoda. Jangan “selingkuh” dengan banyak bisnis. Itu kuncinya.

Keenam, buat perencanaan dalam bisnis dengan baik. Perencanaan akan membantu pengarahan dalam bisnis. Intinya, gunakan manajemen. Ketujuh, jaga integritas diri dalam bisnis. Inilah yang harus dimiliki selama menjalankan bisnis agar kita bisa sukses dalam jangka panjang. Ingat, bisnis itu proses, bukan judi. sukses buat kita semua.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.