Menyelaraskan Proses Bisnis dengan Pemasaran

Semalam saya disms kan oleh tim untuk minta pendapat tentang mengejar peluang bisnis dari departemen dalam pemerintahan yang sangat besar dan menjadi “jalan” pembuka dalam mengembangkan bisnis perusahaan saat ini.
Dengan semgant beliau menjelaskan bagaimana peluang dari orang ini dan yakin akan memberikan keuntungan bagi perusahaan. Pada awalnya saya tertarik untuk mendukung rencana tersebut, akan tetapi setelah berfikir panjang, saya memberikan pandangan lebih baik ditunda dulu untuk pasar tersebut.
Kenapa demikian? saya berfikir sebagai orang operasional dalam perusahaan memandang perlu untuk menyelaraskan proses bisnis yang ada dengan program pemasaran dalam perusahaan.
Hal ini menjadi sangat penting ketika project dari bagian pemasaran masuk dan harus diimplementasikan dan dijalankan menjadi produk berupa barang atau layanan kepada konsumen. Secara internal, setiap proses bisnis tersebut harus memperhatikan tingkat profitabilitas bagi perusahaan dalam arti membandingkan atara benefit dengan cost yang timbul bagi perusahaan.
Proses bisnis harus benar-benar diselaraskan dengan program pemasaran karena jangan sampai membuat konsumen kecewa nantinya.
Sumber : http://ciputraentrepreneurship.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.