Monthly Business Review

web evaluate indexSalah satu kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh para entrepreneur adalah melakukan evaluasi rutin atas bisnis yang dijalankan. Evaluasi atas apa yang sudah direncanakan dengan capaian dari setiap rencana tadi.

Tentu, tidak bisa dipungkiri bahwa target seringkali tidak sesuai dengan realisasi karena bisnis tersebut berada dalam lingkungan bisnis yang selalu berubah. Perubahan yang terjadi membutuhkan pemahaman yang mendalam sehingga nantinya bisa dilakukan antisipasi atas dampak perubahan lingkungan.

Evaluasi bulanan ini merupakan salah satu bentuk cara dalam mengantisipasi perubahan lingkungan dimana secara berkala, dinilai capain dibandingkan dengan rencana. Berdaswarkan pengalaman dalam monthly business review yang sudah dilakukan di GES sebanyak tiga bulan secara berurutan, ada pelajaran berharga yang didapat dan perlu dipahami oleh setiap entrepreneur dalam menjalankan bisnis dan mengevaluasinya.

Hal ini berhubungan dengan rencana yang dibuat oleh setiap entrepreneur dalam bentuk anggaran atau budgeting masih belum aplikatif dan tidak mengikuti kaidah keilmuannya yaitu manajemen keuangan dan akuntansi. Entrepreneur belum memahami bagaimana membuat budgeting dengan benar sehingga bisa digunakan sebagai acuan dalam menjalankan bisnis dan juta nantinya dijadikan evaluasi.

Kesalahan ini berdampak pada kualitas evaluasi yang dilakukan dimana banyak hal yang belum dipahami dengan baik. Oleh karena itu, setiap entrepreneur perlu menyelesaikan budgeting dengan baik terlebih dahulu. Program-program yang ada dalam bisnis yaitu keuangan, pemasaran, operasi dan sumber daya manusia seharusnya menjadi mengikuti budgeting yang dibuat.

Ingat, konsep TP = TR – TC dimana total profit merupakan selisih dari total revenue terhadap total cost itu adalah tujuan dari setiap bisnis dan untuk menurunkannya dalam bentuk tool manajemen, harus dibuat dalam bentuk anggaran. Dengan anggaran inilah yang akan dijadikan dasar untuk evaluasi bulanan dimana dapat dilihat gap antara target dengan realisasi dan dicari akar masalahnya untuk mendapatkan solusi terbaik dalam bisnis. So, teruslah lakukan evaluasi bulanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.