Mulai Menganalisis Setiap Aktivitas Dalam Perusahaan

web analisisHari ini, saya melakukan analisis terhadap perusahaan dan tidak biasanya, analisis ini relevan dengan apa yang sudah dilakukan perusahaan selama satu bulan. Membaca setiap kinerja yang sudah dicapai oleh perusahaan dan tentunya menjadi dasar untuk melakukan analisis pada bisnis tersebut.
salah satu aspek yang menjadi perhatian utama adalah setiap aktivitas yang ada dalam perusahaan, baik akuntansi, keuangan, pemasaran, operasi maupun sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan. semua aspek dan kegiatan tersebut menjadi point utama untuk dianalisis.
Kunci utama yang menjadi perhatian bahwa tidak boleh memberikan perhatian lebih kepada salah satu kegiatan yang ada, seperti perhatian pada pemasaran saja, keuangan saja, operasi saja, sdm saja. Tidak boleh bisa seperti itu karena bertentangan dengan prinsip bisnis yang bertujuan untuk mencapai profit melalui rumus TP = TR –TC.
Konsep TP adalah total profit atau total laba yang hendak dicapai oleh entrepreneur, TR adalah total reveneu atau total penerimaan dari setiap aktivitas bisnis dan penjualan produk serta TC adalah total cost atau total biaya yang harus dikeluarkan oleh setiap entrepreneur untuk setiap produk yang dijual tersebut.
hal mendasar yang menjadi perhatian adalah bagaimana setiap entrepreneur harus menganalisis setiap aktivitas yang ada dalam perusahaan entrepreneur. analisis setiap aktivitas yang ada, harus jelas karena akan berkontribusi kepada pencapaian TP tadi. Inilah yang menjadi perhatian utama.
belajar hari ini, analisis tadi memberikan gambaran bagaimana kontribusi pada setiap aktivitas pada pencapaian profit. Setelah dianalisis, barulah ketahuan apa yang harus dilakukan untuk perbaikan kedepannya.
 banyak hal yang harus saya lakukan di perusahaan ini sejak analisis tadi. Akan tetapi, saya akan selalu memegang konsep continues improvement atau perbaikan terus menerus atau berkelanjutan. Sukses selalu buat kita…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.