Where Are Now?

tanda-tanya1Dalam salah satu sesi mengajar strategic kemaren, ada satu hal yang ingin saya tekankan pemahaman teman2 tentang bisnis mereka dan saya menagajak teman-teman secara sadar dan objektif menjawab tiga pertanyaan, where are we now? Where do we want to go dan how to go there.

Tiga pertanyaan yang benar-benar harus dijawab oleh para entrepreneur. Ini menjadi semacam frame of thinking dalam menjalankan bisnis tersebut. Apa sebenarnya esensinya?

Where are we now adalah bagaimana setiap entrepreneur memahami posisi mereka terhadap lingkungan bisnis, khususnya pasar. Posisi terhadap pasar ini harus jelas dan dilihat secara objektif. Tools nya? Swot analysis atau TOWS analysis merupakan salah satu tool yang bisa digunakan.

Hal inilah yang harus dilakukan oleh para entrepreneur secara terus menerus. Mungkin saat ini posisi kita memiliki kekuatan dan peluang terhadap pasar, bisa jadi karena melemahnya dolar, posisinya berubah menjadi kelemahan dan ancaman. Nah lho…begitukah?

Yup, posisi bisnis ini akan selalu berubah. Oleh karena itu, sensitivity seorang entrepreneur sangat diperlukan dalam menjawab where are now? Kapan harus dilakukan? Lakukan secara berkala secara perbulan, tetapi, dalam kondisi sekarang, lakukan setiap saat.

Perubahan lingkungan yang begitu cepat, penuh ketidakpastian, dan bahkan bersifat tiba-tiba, harus bisa diantisipasi oleh setiap entrepreneur. Siapkah teman-teman melakukannya?….itu dulu ya, dua pertanyaan lagi besok dan lusa, mau kedokter dulu, badan ni kudu di”service” karena tumbeng…sukses ya teman2 semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>