Opportunity Cost dan Entrepreneur

web opportunitySetiap entrepreneur bukanlah seseorang yang langsung memiliki satu bisnis akan tetapi ada beberapa bisnis yang dijalankan ataupun beberapa kegiatan yang berbeda dan memberikan value berupa uang kepada mereka. Hal ini menjadi income generating.
Ada satu hal yang harus difikirkan oleh setiap entrepreneur sehubungan dengan beberapa kegiatan yang dilakukan secara bersamaan. Khususnya dalam waktu yang bersamaan oleh para entrepreneur. Konsep tersebut adalah opportunity cost.
Konsep ini berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur harus menghitung cost yang hilang dari setiap pilihan yang diambil dalam setiap kesempatan. Cost ini harus dibandingkan dengan apa yang didapatkan dari income dari kegiatan yang dipilih tersebut.
Semalam, dalam kelas GIMB Entrepreneurs School (GES) batch 9, teman-teman entrepreneur mencoba menghitung setiap opportunity cost yang mereka keluarkan atas pilihan yang diambil dari setiap kegiatan yang bersamaan tersebut. Alangkah kagetnya ketika entrepreneur mengetahui opportunity cost yang dikeluarkan oleh entrepreneur sebesar Rp. 19 juta.
Kondisi ini membuat mereka kaget dan tersadar bahwa pilihan yang diambil selama empat tahun ini benar-benar rugi dan tentunya tidak seimbang antara penerimaan dengan biaya yang dikeluarkan oleh para entrepreneur. Penting untuk dipahami hal ini agar pilihan yang diambil paling optimal. Sukses buat kita hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.