Pasar Adalah Sumber Daya Bagi Bisnis Entrepreneur

web - entrepreneurUang kita ada di pasar, itulah statement yang selalu saya ingat dan dalam satu film yang berjudul wolf of wall street, juga semakin jelas dibilang bahwa uang itu ada di konsumen dan tugas kita sebagai pebisnis adalah bagaimana memindahkan uang dari saku konsumen ke saku kita. Inilah yang menjadi tantangan setiap entrepeneur dalam menjalankan bisnis, baik itu manufaktur maupun jasa serta trading atau perdagangan.

            Bagi setiap entrepeneur, salah satu sumber daya yang harus dikelola dan dialokasikan secara efektif dan efisien dalam kerangka menjalankan salah satu peranan sebagai seorang manajer adalah market. Pasar merupakan sumber dayayang harus benar-benar dialokasikan sebaik mungkin agar bisa menghasilkan output dan outcome yang optimal bagi perusahaan atau bisnis para entrepeneur.

            Inilah yang selalu saya lakukan untuk mencapai tujuan bisnis yaitu mengalokasikan pasar sebagai sumber daya. Pasar itu sangat luas dan memiliki banyak segmen yang berbeda-beda. Itulah fakta yang tidak bisa dibantah dan terjadi diseluruh pasar, apapun jenis produk mereka. akan selalu ada pasar yang bila dikelompokkan, akan menjadi segmen-segmen yang berbeda-beda.

            Pasar harus dialokasikan seperti ini. Tidak mungkin dan tidak akan optimal bila entrepeneur melayani seluruh pasar yang ada karena harus melihat kekuatan dan kelemahan produk dan perusahaan entrepeneur itu sendiri. Kondisi ini yang sedang dihadapi oleh para binaan GIMB yang seringkali disebut dengan GIMBers dalam menjalankan bisnis mereka selama ini dalam bisnis mereka.

            Perlu dipahami bahwa pasar itu memang sebuah sumber daya yang harus dikelola agar memberikan hasil yang optimal. Sumber daya harus dirubah menjadi seuatu yang bernilai bagi perusahaan karena bila tidak dikelola, hanya akan menjadi sumber daya yang “mati” dan tidak bermanfaat. Sangat disayankan dan bila dikembalikan kepada konsep entrepeneurship yaitu bagiamana setiap orang mampu melihat atau menciptakan peluang dan merubahnya menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis.

            Konsep merubah inilah yang harus dipahmi dan dijalankan oleh setiap entrepeneur yaitu merubah pasar yang hanya sebatas sumber daya, menjadi sesuatu yang bisa menghasilkan produk, berupa barang atau jasa untuk mencapai tujuan yaitu profit, people, planet, sustainability serta tumbuh dan berkembang.

            Oleh karena itu, untuk mengalokasikan sumber daya berupa pasar ini, entrepeneur perlu memahami perilaku konsumen, baik bisnis, konsumen akhir, pemerintah dan juga pasar global yang tetap berubah dan memiliki perilaku yang berbeda-beda. Pemahaman atas perilaku ini akan menggiring setiap entrepeneur bertindak yang tepat kepada mereka.

            Kedua, membuat program yang relevan dan sesuai dengan konsumen tersebut. program-program pemasaran perlu sesuai dengan kondisi konsumen agar bisa membuat mereka puas dan loyal kepada perusahaan. Seringkali orang orang terjebak dengan ketidaktahuan pada perilaku konsumen dan program pemasaranpun tidak sesuai dengan perilaku mereka.

            Ketiga, membuat program CRM atau customer Relationship management (CRM) kepada konsumen agar mereka bisa menjaga konsumen atau pasar tersebut secara efektif dan efisien. Salam juara….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>