Pendanaan Bisnis Saya dari mana?

Assalamualaikum kang Meriza

Pa kabar kang, semoga akang sehat dan sukses selalu. Terima kasih selama ini Saya membaca berbagai tulisan akang di www.gimbfoundation.org. Saya sangat banyak mendapatkan pengetahuan dari tulisan akang. Terima kasih kang.

Saya adalah pengusaha dalam bidang industri kreatif. Saya membuat replika pesawat dan sekarang sudah banyak pembelinya. Orderpun sudah berdatangan dan Saya bahkan kewalahan dalam menerima order.

Hanya masalahnya sekarang, Saya mengalami kendala dalam pendanaan untuk membuatnya. Mohon saran akang, baiknya Saya bagaimana.

Wassalam kang.
Riki,
Cijerah

Waalaikum salam kang Riki,
Terima kasih atas kesempatan akang membaca setiap tulisan saya di web kami. Memang tulisan tersebut kami buat untuk menjadi recharge buat akang dalam mengembangkan pengetahuan dan keterampilan serta attitude dalam berbisnis.

Permasalahan yang akang hadapi adalah permasalahan yang sering dihadapi oleh para entrepreneur lainnya juga. Bersyukur sebenarnya akang dengan kondisi ini. Karena kepercayaan dari para buyer sudah ada.

Sekarang, bagaimana menyelesaikan masalah yang akang hadapi? Kepercayaan dari para buyer jangan disia-siakan. Itu adalah aset dalam bisnis dan sangat berharga.

Untuk masalah keuangan, perlu dilihat secara hati-hati. Kalau dirunut, kang Riki coba lihat dulu aset yang ada dan milik kang riki. Hal ini penting sebelum memanfaatkan keuangan dari orang lain. Dalam hal ini, kang Riki juga membuat perhitungan atas kondisi keuangan usaha.

Kondisi keuangan pribadi ini harus dimanfaatkan semaksimal mungkin buat usaha tersebut. Apabila masih kurang, cobalah memanfaatkan keuangan dari IMF atau istri, mertua dan family. Artinya, orang terdekat adalah target utama untuk meminjam uang. Akan tetapi, konsep profesional adalah wajib dipegang.

Bila masih kurang atau tidak ada, barulah kepada teman atau investor individu. Teman seperti halnya istri, mertua dan family, adalah para angel investor. Mereka tidak mensyaratkan seperti halnya lembanga keuangan dan non keuangan sebagai pihak lain untuk mendapatkan keuangan.

Ini penting untuk dipahami agar dalam pemilihan sumber pendanaan bisa optimal bagi pengembangan bisnis kita. Itu yang bisa saya berikan kepada Riki, sukses selalu ya bisnis.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>