Penerima Program PKBL

Salah satu program utama dalam konteks pkbl atau program kemitraan dan bina lingkungan adalah program dalam memberikan pinjaman kepada para pengusaha mikro ataupun kecil yang ada dan memenuhi syarat sesuai dengan peraturan menteri bumn no 5 tahun 2007.
Masalahnya adalah apa yang lebih utama dimiliki oleh seorang calon mitra atau penerima program pkbl tersebut? Yang secara normatif sudah ditetapkan dalam permen bumn tersebut.
Dalam konteks accountability, sebaiknya penerima pkbl tersebut adalah seseorang yang memiliki knowledge, skill dan attitude yang baik dalam menjalankan bisnis karena hal-hal tersebut berhubungan dengan kompetensi dari setiap entrepreneur.
Adapun aspek lainnya adalah morale dari setiap entrepreneur tersebut karena berhubungan dengan sustainability dari program kemitraan ini dalam bentuk pengembalian dana pinjaman.
Disinilah perlunya mitra binaan yang sudah tergabung dalam asosiasi seperti hipmi dan lainilain yang sudah mendapatkan pembinaan dari organisasi mereka.
Sudah sebaiknya pengelola program pkbl bekerjasama dengan asosiasi tersebut.
Sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/penerima-program-pkbl.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>