Pentingnya Online Marketing bagi Pengusaha, GIMB Entrepreneur School Batch 39

pembicara-internet-marketingbekti-pakuhaji-www-professionaltrainingcenter-net-0822-18-66-88-76Pembelajaran pada kelas terakhir dihari ini di GIMB Entrepreneur school diikuti oleh 10 orang. semua peserta sangat antusias dalam mengikuti kelas ini. Kelas yang membahas tentang internet marketing, memulai bisnis online secara mudah, dan bagaimana memanfaatkan media sosial sebagai sarana jualan.Dan pembahasan tentang langkah-langkah memulai marekting online yang dipandu langsung oleh Bp. Bekti Soehartono sebagai pengajar dan praktisi internet marketing serta kursus internet marketing sebagai berikut, diharapkan dengan langkah mudah ini dapat menghasilkan Side Income di Internet, dapat membantu anda dan meningkatkan penghasilan anda berlimpah ruah dan makmur….

Langkah pertama :

  1. Membuat Konten yang Solid, Menarik disukai Pembaca dan Google.Konten yang solid dan menarik serta disukai Google ada beberapa, yang menurut saya perlu Anda ikuti dan lakukan.Membuat Tulisan Yang Berkwalitas bagi Pembaca dan Optimasi Untuk Spider (robot) Search Engine.Cara penulisan konten adalah sesuatu yang sangat krusial, langkah perjalanan yang panjang untuk membangun blog Anda agar “makyus”, Bayangkan…

Kalo Anda saat ini sedang membaca sebuah artikel di blog, membacanya, harapan bisa mendapatkan informasi menarik, terbaru sesuai anda inginkan, dan demikian dengan pembaca blog Anda pastinya, saat membaca hanya menemukan informasi yang kurang menarik, selanjutnya menggantinya dengan yang lain.

Sekarang saya akan membuka mata anda. Saya akan benar-benar mengajarkan bagaimana membuat blog yang menarik dan nyata disukai oleh mesin pencari

Benar, bahwa mesin pencari atau search engine lebih menyukai dan mengutamakan konten yang alami dan sangat dahsyat jika anda kembangkan berkelanjutan content tersebut berpedoman dengan teknik-teknik SEO yang diajar…

Catatan, dalam membuat content paksa bawah sadar anda memberikan ide-ide kreatif yang menjadikan blog anda memiliki Killer Content / Contens is the King menarik dan powerful sesuai dengan produk dan tema dari blog yang anda buat.

Ingat Jangan bikin blog gado-gado, mas? Kok  gado-gado J

Contohnya jika anda berkeinganan jualan produk keripik  tentunya konten blog  yang anda buat berhubungan dengan dunia tatabogo, kuliner, jangan kadang-kadang berhubungan dengan bisnis, kadang-kadang kehidupan pribadi anda, kadang-kadang olahraga, kadang-kadang politik.., buatlah content yang spesifik jika blog jualan anda ingin membuahkan pejualan dengan konsumen yang tertarget

Begitu sebaliknya jika blog anda tidak spesifik. ..dan kelak akan berpengaruh pada convertion rate kecil. (convertion rate artinya berapa persen pengujung anda jadi pembeli).

Ada sebuah pepatah “Lebih baik mendapat 100 pengunjung yang tertarget, daripada 1000 pengunjung atau bahkan 2000 yang tidak tertarget”. Karena itu tidak ada gunanya.

Ok,selanjutnya……….Blog anda harus sering di update minimal 1 sekali atau 2 minggu sekali jika ini dilakukan bahkan memiliki jadwal rutin setiap hari Rabu dan Jum’at di up date, hal ini sama saja anda berupaya mendidik pembaca anda, merubah kebiasan baru bahwa setiap hari tertentu mereka berkunjung ke blog anda. Ini satu cara dari sekian banyak cara untuk membangun pembaca yang loyal (trust building) akan blog anda…selanjut… (jawab sendiri kalo pembaca sudah banyak…)

Langkah kedua

Saya paham sekali ada yang bersependapat, beberapa referensi dari luar menyimpulan mengatakan dalam membuat sebuah konten artikel jumlah kata kunci (keywords density) untuk adalah baik 3% – 5% untuk kategori mesin pencari selain google, dan untuk google sendiri  kurang lebih 2-4% dari total kata dalam artikel, beberapa orang lainnya mengatakan keywords density sebaiknya berkisar antara 1% – 3% saja dari total kata dalam artikel. Faktanya, Google tidak pernah menyebutkan tentang keywords density. untuk mengecek bisa anda dapatkan di….http://www.zippy.co.uk/keyworddensity/kd-words.html

Aturan seo yang tepat untuk keyword density adalah 1% sampai dengan 5% ini yang sering saya baca dari beberapa ahli seo dari luar, namun google sendiri menganggap bahwa aturan ini 5% ini terlalu banyak sehingga kemungkinan mesin google akan blacklist artikel anda, namun dari mesin pencari lainnya seperti bing, yahoo, ask, yandex dan yang lainnya. mempunyai batasan hingga 5% ini yang selama ini saya untuk menerapkan keyword density dalam artikel seo.

Kesimpulan : jadi bisa saya sampaikan bahwa jumlah ideal keyword / katakunci dalam  sebuah artikel blog seo yang baik adalah 3% sampai dengan 5% untuk kategori mesin pencari selalin google, dan untuk google sendiri keyword density yang tepat adalah 2% hingga 4%.

Langkah ketiga

Gunakan Kata Kunci Yang Relevan dan Sinonimnya.Anda pasti pernah mendengar tentang Latent Semantic Indexing (LSI). Mesin pencari selalu menghubungkan sebuah kata kunci dengan kata kunci lainnya yang masih terkait. Karena itu, variasikan kata kunci di dalam konten Anda. Dengan menggunakan variasi kata kunci, konten Anda akan semakin relevan dengan topik yang Anda bahas tanpa harus memasukkan kata kunci yang sama berkali-kali.

Langkah ke empat

Buatlah Artikel Berkualitas Dengan Pembahasan Topik Yang Mendalam.Semua orang suka bicara to-the-point, langsung pada inti sari. Namun, jika kita membuat sebuah konten yang menjelaskan secara mendalam tentang sebuah topik, tentunya ini akan semakin baik. Saya pribadi tidak terlalu memperhatikan jumlah kata dalam setiap artikel yang saya buat, tapi biasanya artikel yang panjang dan mendalam biasanya lebih baik posisinya di SERP Google dibandingkan dengan artikel yang singkat dan dangkal.

Bukan berarti setiap artikel dengan jumlah kata yang banyak akan selalu menang di SERP mesin pencari. Ini hanya sebagai gambaran bahwa kualitas sebuah konten itu sangat penting jika ingin mendapatkan ranking yang baik di Google. Jangan pula memaksakan diri membuat artikel panjang dengan bertele-tele, buatlah artikel tersebut sesuai dengan fakta dan sesuai dengan pengetahuan Anda.

Langkah ke lima

Gunakan Long Tail Keywords Pada Judul Konten.Judul yang panjang biasanya lebih menguntungkan di mesin pencari dibandingkan dengan konten dengan judul yang terlalu singkat. Memang, judul dengan kata kunci yang panjang biasanya pencarinya lebih sedikit dibandingkan dengan judul dengan kata kunci yang singkat. Namun pada kenyataannya, konten dengan judul yang panjang biasanya lebih baik posisinya di mesin pencari dibandingkan dengan konten yang judulnya singkat. Selain itu, konten dengan judul yang panjang dan deskriptif biasanya konversinya lebih bagus.

Langkah ke enam

Respon Audiens Anda Dengan Baik. Jika blog Anda punya audiens/ pembaca setia, maka Anda harus siap memberikan respon dan menjawab komentar atau pertanyaan-pertanyaan mereka. Berikan jawaban yang mereka butuhkan, tentunya Anda hanya akan menjawab komentar atau pertanyaan yang sesuai dengan topik Anda. Kalau kita melihat dari sisi SEO, keterlibatan pembaca di dalam sebuah blog adalah sebuah keuntungan.

Langkah ketujuh

Berikan Kemudahan Bagi Pembaca Anda Untuk Menyebarkan Konten Anda.Menyebarkan link konten Anda di media sosial akan memberikan trafik langsung dan dampak SEO yang baik bagi keseluruhan blog Anda. Semakin banyak orang yang menyebarkan konten Anda, hasilnya akan semakin baik. Karena itu, sediakan tombol media sosial di blog Anda agar memudahkan pembaca Anda untuk menyebarkan artikel yang mereka sukai di blog Anda.

Langkah ke delapan

Google+ akan semakin besar peranannya di dalam SEO. Selain itu, dengan menggunakan Google+ Anda akan mendapatkan Author Rank dan terhubung dengan pengguna Google+ lainnya. Author rank adalah salah satu faktor dalam SEO, dan menurut saya peranannya akan semakin besar untuk SEO di masa-masa yang akan datang. Jadi, sebaiknya Anda gunakan Google+ dari sekarang, dan hubungkan blog Anda dengan akun Google+ Anda.

Langkah ke sembilan

Gunakan Judul dan Deskripsi.Title tags Anda adalah hal pertama yang akan diperhatikan oleh Google ketika robot mereka ‘membaca’ blog Anda. Tentunya akan lebih baik lagi bila judul konten dilengkapi dengan deskripsi dari konten Anda, karena pengguna mesin pencari akan melihat judul dan deskripsi konten Anda di SERP Google. Gunakan judul dan deskripsi yang deskriptif dan mengajak audiens untuk membuka situs Anda

Semoga bermanfaat. Kapan lagi ada ingin naik kelas usahanya, jika tidak tahu knowledge-nya? setuju?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>