Pesan Dalam Komunikasi Humas Untuk Program CSR

web pesan komunikasiPesan adalah inti dari komunikasi yang dijalankan oleh bagian humas dalam suatu perusahaan, apalagi humas yang bertugas untuk mengkomunikasikan program-program CSR yang dimiliki oleh setiap perusahaa. Inilah yang menjadi concern setiap entrepreneur bagi divisi atau departemen humas dalam suatu perusahaan.

            Dalam konteks program Corporate Social Responsibility (CSR), humas memegang peranan yang sangat stratejik dalam penciptaan value bagi perusahaan yang menjalankan program CSR. Seringkali terjadi program CSR yang dijalankan oleh perusahaan belum mampu memberikan value yang optimal bagi perusahaan karena kelemahan dalam program komunikasi yang dijalankan oleh setiap divisi humas.

            Hal ini dirasakan oleh salah satu binaan GIMB Entrepreneur School yang memilki program CSR dan menganggarkan dana yang tidak sedikit untuk memberikan value bagi masyarakat sekitar dan juga kelestarian alam. Anggaran untuk CSR sudah dibuat sejak awal tahun dan jelas berapa yang akan disumbangkan kepada masyarakat dan lingkungan alam.

            Namun demikian, stakeholder perusahaan belum merasakan dampak dari program CSR dan akibatnya, mereka tidak merasa memiliki program tersebut. Jelas bagaimana perananan dari humas perusahaan tersebut tidak bekerja seperti yang diharapkan dan seharusnya. Dampak di atas merupakan gambaran bagaimana dana yang sudah dianggarkan dandiberikan kepada masyarakat dan lingkungan menjadi sia-sia.

            Hal yang paling penting yang menjadi masalah dalam komunikasi yang dijalankan oleh bagian humas tentang CSR ini adalah pesan yang disampaikan kepada stakeholder. message adalah kunci keberhasilan dari program komunikasi humas tersebut. Message menjadi core atau inti dari proses komunikasi karena program komunikasi tidak akan efektif bila message tidak jelas dan tidak sesuai dengan apa yang menjadi tujuan kepada stakeholder.

            Jelas sekali stakeholder membutuhkan informasi tentang program CSR dan bagaimana dampak program tersebut kepada seluruh stakeholder, khususnya karyawan karena mereka memang berhubungan dengan program CSR. Dana CSR biasanya adalah dana yang disisihkan dari laba y ang didapatkan oleh perusahaan dan laba tersebut tidak lepas dari andil setiap karyawan yang bekerja di perusahaan.

            Salah satu message yang perlu disampaikan dalam komunikasi yang dijalankan oleh humas adalah apa program CSR yang dijalankan oleh perusahaan. Program yang dijalankan ini penting dijelaskan sehingga diketahui apa esensi dari program CSR. Tekankan manfaat program CSR bagi penerima program karena itu akan memberikan value bagi stakeholder.

            Selanjutnya adalah informasikan siapa penerima dan kenapa mereka yang menerima program tersebut. penerima adalah pihak yang penting karena perlu dinilai kesesuaian antara program CSR dengan penerima program. Seringkali penerima program CSR kurang sesuai dan kurang tepat dibandingkan dengan yang seharusnya. Message salah satu perusahaan swasta nasional yang memberikan gambaran penerima dana csr itu adalah bisnis berskala mikro dan kecil dan berhubungan dengan core bisnis perusahaan bisa membuat karyawan menjadi bangga dengan program CSR perusahaan secara keseluruhan.

            Pesan selanjutnya juga berhubungan dengan tempat dan waktu pelaksanaan program CSR sehingga diketahui tingkat akuntabilitas pelaksanaan program CSR bagi perusahaan. banyak perusahaan yang tidak mengkomunikasikan kedua aspek ini sementara bagi stakeholder, menjadi kunci sukses atas program yang dijalankan perusahaan. tempat bisa juga dilihat secara kasat mata oleh stakeholder. hal ini bisa disampaikan juga melalui video ataupun foto dimana pelaksanaan acara tersebut.

            Terakhir adalah siapa yang menjalankan dan bagaimana metode pelaksanaan program CSR perusahaan. Diperlukan trust orang yang menjalankannnya selain knowledge, skill dan attitude yang tepat agar program CSR tepat sasaran bagi perusahaan. Penyampaian orang-orang yang mengelola program CSR akan menunjukkan kredibilitas dari program CSR perusahaan. so… mari kita pilih pesan dalam komunikasi oleh Humas perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.