Predatory Pricing

web images2Semalam, saya melihat salah satu program yang menarik di TVRI yang dibawakan oleh pak Rhenald Kasali yang mengundang BapakHasnul Suhaimi, direktur utama XL Axiata, salah satu provider telekomunikasi terbesar di Indonesia.

Di tengah bahasan materinya, semalam saya mendapatkan konsep predatory pricing yang sering digunakan oleh entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya agar bisa diterima oleh pasar. Sadar tidak sadar, orang seringkali menjalankan strategi ini dalam bisnis mereka.

Dalam konsep predatory pricing, harga ditetapkan dibawah biaya produksi dan harga yang ditetapkan oleh pesaing. Hal ini perlu dipahami secara baik untung dan ruginya dalam bisnis kita dan bisnis dalam industri kita sendiri. Jangan sampai berdampak negatif buat kita saat ini dan yang akan datang.

Perusahaan kita bisa dianggap sebagai perusahaan yang menjalankan monopoli pasar dalam bisnisnya. Predatory pricing ini akan berdampak pada persepsi pasar kepada kita dan untuk kedepannya, akan sangat berbahaya.

Oleh karena itu, perlu kehati-hatian dalam menetapkan harga terhadap produk kita. Kesalahan banyak orang adalah ketika banyak faktor yang diabaikan dalam penetapan harga, khususnya faktor yang berhubungan dengan pemerintah dan asosiasi yang memiliki kepentingan terhadap penetapan harga.

Langkah pertama yang harus ditetapkan adalah biaya yang melekat dalam produk tersebut. Biaya tetap dan biaya tidak tetap adalah struktur yang penting untuk dipahami. Biaya tetap adalah biaya yang tidak berubah selama dimensi waktu. Sementara biaya tidak tetap, bersifat variabel$

Dari biaya ini, barulah kita pilih strategi penetapan harga, apakah mark up strategy, psychology pricing ataupun market price. Penting untuk dipilih, mana yang terbaik untuk bisnis kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>