Rencana Anggaran Perusahaan Tahun 2014

wb - anggaranSabtu, 28 Desember 2013 mengajar tentang pembuatan anggaran perusahaan untuk tahun 2014 yang bertepatan dengan akhir tahun 2013 benar-benar memberikan pelajaran yang luar biasa bagi para anak binaan yang tergabung dalam kelas GIMB Entrepreneur School (GES). pelajaran yang diberikan kepada siswa sangat penting karena menyangkut bisnis mereka tahun depan.
Selalu saya sampaikan bahwa kegagalan kita membuat rencana akan menunjukkan bahwa kita sudah merencanakan kegagalan. inilah Pelajaran yang saya berikan kepada mereka di awal kelas tersebut. jangan sampai tidak membuat rencana untuk tahun 2014 tersebut.
Rencana anggaran perusahaan harusnya sudah disiapkan sebelum berakhirnya tahun 2013 ini. Tidak perlu menunggu tutup buku tahun 2013 karena memang bisa diprediksi tentang revenue yang akan didapat sampai tanggal 31 Desember 2013.
Oleh karena itu, membuat rencana anggaran perusahaan tahun depan sudah menjadi kewajiban bagi setiap entrepreneur. Kembali ke pelajaran kemarin, ada beberapa catatan bagi para entrepreneur dalam membuat rencana anggaran perusahaan tersebut.
Pertama adalah melihat data kinerja perusahaan tahun kemarin. apalagi kalau bisa dilihat dua sampai tiga tahun kebelekang. hal ini akan menjadi dasar untuk membuat perencanaan di tahun 2014. Jadi, membuat rencana tersebut tidak asal-asalan lagi.
Kedua, harus ada analisis terhadap capaian selama beberapa tahun terakhir. Analisis tersebut berhubungan dengan kenapa bisa capai target, atau dibawah target ataupun di atas target. Hal ini harus ada penjelasan agar bisa diambil pelajaran dari setiap capaian yang akan dijadikan sebagai dasar untuk tahun 2014. Banyak sekali kesalahan dari entrepreneur dalam melihat dan menganalisis apa yang sudah terjadi.
Ketiga, membuat analisis terhadap kondisi lingkungan bisnis, baik internal maupun eksternal di tahun depan. Lingkungan bisnis selalu berubah dan akan terus berubah. Akibatnya, setiap entrepreneur harus bisa membuat analisis dan prediksi yang tepat untuk tahun depan. Fatal sekali kalau tidak bisa membuat analisis dan prediksi akan tahun depan.
Analisis SWOT bisa digunakan oleh entrepreneur. hasilnya tentu akan didapatkan posisi perusahaan atau bisnis entreprneeur di tahun depan. Hal ini akan digunakan untuk memilih strategi bisnis tahun depan. bisa jadi strateginya itu ekspansi, stability ataupun retrenchment dan bahkan kombinasi untuk strategi mereka.
Oleh karena itu, kejelasan dalam analisis terhadap lingkungan dan prediksi kedepannya akan mengarahkan entrepreneur dalam membuat rencana tahun depan. keempat, barulah membuat rencana bisnis dan khususnya anggaran perusahaan.
Membuat rencana anggaran ini membutuhkan keseriusan, objektif dan konsistensi antara target dengan program yang akan dibuat, baik program keuangan, pemasaran, operasi dan juga sumber daya manusia. Bantuan dari pihak ketiga bisa membuat kualitas rencana anggaran tersebut akan semakin baik. oleh karena itu, masih ada dua hari lagi untuk membuat rencana anggaran perusahaa. saatnya entrepreneur membuatnya untuk menggapan kesuksesan tahun depan. sukses buat kita semua

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>