SDM Menjadi Fondasi Perusahaan

Berbicara tentang balanced scorecard, akan terus diingatkan tentang fondasi perusahaan. Fondasi yang berhubungan dengan bagaimana perusahaan tersebut akan berjalan dengan baik. Tidak akan bisa jalan perusahaan tanpa fondasi ini. Inilah kata kunci buat perusahaan. Untuk maju kedepannya.

Yang menjadi fondasi adalah sumber daya manusia atau karyawan perusahaan. Mereka adalah pelaku perusahaan tersebut. Tanpa karyawan, preusahaan tidak akan bisa berjalan. Bahkan berhanti dan tutup pada akhirnya. Betulkan demikian?

Learnig and growth dalam bisnis adalah tahapan awal dalam balanced scorecard. Ingat, dalam konteks BSC, ada istilah cause and effect. Cause ini adalah faktor penyebab dalam konteks kinerja perusahaan. Yang menjadi dasar adalah learning and growth. Apa itu, sumber daya manusia.

SDM akan mempengaruhi perspektif internal business process. Keberhasilan proses bisnis sangat ditentukan oleh sdm tersebut. Selanjutnya, keberhasilan pemasaran ditentukan oleh internal business process. Demikian juga dengan keuangan. Semuanya tergantung SDM.

Lalu, bagaimana sebaiknya? berikan perhatian optimal bagi sumber daya manusia perusahaan. Tanpa itu, akan jadi sia-sia upaya perusahaan untuk berhasil. Berhasil untuk mencapai tujuan perusahaan. Inilah yang harus diperhatikan sekali.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.