Selalu Ciptakan Yang Berbeda

GIMB FoundationKemaren, mengajar kelas entrepeneur di Universitas Widyatama untuk para mahasiswa yang mengambil mata kuliah ini. tanpa disadari, semakin kesini, dalam artian pertemuan yang keempat, semakin terasa mereka mulai fokus dengan bisnis yang mereka jalankan.

 .
Pada awalnya, mereka terkesan kurang berminat dan fokus dalam mengikuti perkulian ini. sikap cuek dan kurang peduli terlihat dari bahasa tubuh dan bagaimana mereka menanggapi perkuliahan ini. Kondisi ini terlihat pada awal-awal perkuliahan.
 .
Akan tetapi, sekarang, terlihat bagaimana mereka mulai memiliki kepercayaan diri (confidence) terhadap pilihan bisnis yang diberikan pada awal perkuliahan. Kepercayaan atas apa yang saya berikan dikelas akan bermanfaat untuk mereka.
 .
setelah itu, mereka juga memiliki disiplin mengikuti kuliah dan tidak pernah telat masuk kelas. demikian juga dengan tugas yang selalu dikerjakan dan tidak pernah terlambat memberikan tugas tersebut yang dapa saya lihat di blog mereka masing-masing. Yang terakhir adalah antusiasme dalam mengikuti kuliah dan menjalankan bisnis yang dipilih.
 .
Pelajaran yang saya rasakan adalah betapa dahsyatnya selalu berfikir didepan (step a head) dengan cara selalu menciptakan yang berbeda atau dalam konteks bisnis, differentiation. hal ini penting untuk mencapai competitive advantage. inilah yang saya pegang dalam mengajar mahasiswa. tidak akan pernah sama dengan pembelajaran sebelumnya dalam content, context dan people.
 .
Saya jadi teringat dengan profesor saya yang mengatakan, materi hari ini, nggak akan sama dengan yang besok karena pasti ada pengembangan karena saya akan selalu memberikan yang terbaru sesuai dengan perubahan lingkungan. hmmmm.. rasanya ini perlu dipahami dan dijalankan oleh para entrepeneur. sukses ya hari ini, mau ngajar dulu…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.