Self Control dalam Bisnis

Kemarin, saya mendapatkan seorang karyawan saya yang panik ketika menghadapi masalah dalam pekerjaan. Kepanikan ini berawal dari pekerjaan dia tidak sesuai dengan rencana awal yang telah ditetapkan. Dampaknya adalah dia stress dan tidak bisa berfikir lagi.

Mungkin hal ini pernah kita hadapi dalam pekerjaan yaitu panik. Nggak enak juga ya? Panik membuat orang berada dalam suatu kondisi dimana dia tidak bisa berfikir dengan tenang dan seakan-akan tidak bisa melakukan apa-apa.
Tentulah kondisi ini akan sangat mengganggu dalam pekerjaan karena siapapun dia akan rugi. Selain itu, akan berdampak juga kepada orang lain. Wah… nggak enak betul ya……
Apa yang harus dilakukan sehubungan dengan manajemen diri? Pengendalian diri sangat diperlukan dalam kondisi ini. jangan sampai panik. Bagaimana caranya? Berfikir tenang sejenak untuk menenangkan diri. Hal ini adalah penting dan awal bagi kita ketika panik.
Berfikir tenang dan jangan ikuti emosi akan membuat diri tidak akan larut dengan masalah yang sedang dihadapi. Tenang dulu. Insya Allah akan dapat membuat diri menjadi lebih baik pada kondisi tersebut.
Selain itu, ide-ide juga akan muncul untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan baik. Jadi pengendalian diri atau self control sangat penting ketika berada dalam kondisi masalah dan tidak akan membuat panik. Ingat, masalah tersebut tidak akan pernah berhenti sepanjang kita hidup, apalagi sudah memilih menjadi seorang entrepreneur ataupun seorang profesional. Oleh karena itu, self control sangat diperlukan.
Sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/self-control-dalam-bisnis.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.