Seorang Entrepreneur Adalah Penjual Sejati

web sebelum-membuka-usaha-sendiriHmmm…. Rasanya kalimat ini perlu mendapatkan perhatian oleh setiap entrepreneur yang ingin menumbuh kembangkan bisnis mereka, apalagi untuk jangka panjang di sepuluh tahun kedepan. Pengalaman dan pengetahuan menunjukkan bahwa memang seorang entrepreneur dituntut untuk bisa menjadi penjual sejati.

Kenapa demikian? Selalu disampaikan bahwa entrepreneur tidak akan berhasil kalau tidak memahami bisnis dan bisnisnya tidak akan langgeng bila tidak memahami manajemen dengan baik. Dalam bisnis sendiri, penjualan adalah upaya untuk mendapatkan revenue.

Sementara, untuk menjual tersebut dibutuhkan pemahaman yang mendalam terhadap produk dan perusahaan entrepreneur itu sendiri. Untuk diawal dan kedepannnya, siapa yang lebih paham produk dan perusahaannya? Tentu entrepreneur itu sendiri. Itu adalah harga mati.

Lalu, bagaimana dengan konsumen? Para entrepreneur idealnya sudah memahami need, want dan demand konsumen mereka. Penting untuk memahami ketiga konsep tentang konsumen tadi, need, want dan demand. Produk tidak akan dibeli konsumen bila tidak memenuhi ketiga konsep tersebut.

Oleh karena itu, idealnya adalah setiap entrepreneur memang menjadi penjual sejati bagi produk mereka. Tidak bisa diserahkan kepada bawahan atau tim. “Jaminan” kualitas dari entrepreneur sebagai penjual akan menjadi magnet bagi konsumen untuk membeli produk tersebut.

Mari kita mulai mendalami konsep penjualan atau selling dan memanfaatkannya secara langsung produk kita. Selamat berhari minggu dan sukses buat kita selalu… Mau lanjut jalan sama anak-anak dul….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.