Setiap Entrepreneur Adalah Pemasar

Konsep ini menjadi semakin kuat dibenak saya. Konsep yang sangat mendasar untuk mencapai keberhasilan dari setiap entrepreneur. apakah benar seperti itu? Jangan-jangan hanya sebagai jargon saja.

 

 

Saya mendapatkan pengalaman dan pemahaman yang semakin mendalam akan hal ini. Pemahaman yang semakin tajam ketika ditambah dengan pengetahuan dan pengalaman dalam membina para entrepreneur dalam berbisnis. Pengalaman yang tidak bisa dilupakan.

 

Memang benar pernyataan tersebut. para entrepreneur adalah pemasar. Mereka harus menjadi seorang marketer hebat dalam memasarkan produk mereka. memasarkan adalah keterampilan mendasar yang harus dimilliki para entrepreneur. suka tidak suka, pasti seperti itu.

 

Apa makna pemasaran itu bagi setiap entrepreneur? marketing itu tidak sama dengan sales. Karena lebih luas dari konsep tersebut. konsep yang sangat generik dan mendasar. Jadi tidak akan sama dengan sales itu sendiri.

 

Pemasaran pada intinya adalah bagaimana seseorang mampu melihat pasar itu sendiri, lalu membuat produk yang bisa memenuhi need, want dan demand pasar. Lalu, menetapkan harga, mengantarkan produk kepada mereka dan juga mengkomunikasikan kepad konsumen.

 

Setelah itu, para pemasar harus bisa membuat konsumen tersebut puas dengan produk mereka. kepuasan itu adalah tujuan antara yang harus dicapai oleh para entrepreneur. tujuan utamanya adalah bagaimana konsumen tersebut loyal dengan produk mereka. 

 

Kepuasan itu merupakan rasa senang yang didapatkan oleh para entrpreneur ketika mereka mendapatkan kinerja yang lebih baik atau sama dengan yang dijanjikan oleh para entrepreneur tersebut. disini, terlihat bagaimana kinerja produk mempengaruhi setiap konsumen.

 

Selain itu, juga berhubungan dengan harapan dari setiap entrepreneur itu sendiri. harapan ini menjadi kunci juga dalam kesuksesan mendapatkan kepuasan. Oleh karena itu, jangan tinggi-tinggi membuat harapan berupa janji kepada para konsumen.

 

Ditakutkan mereka akan kecewa bila kita tidak bisa memenuhi harapan mereka nantinya. Kekecewaan ini akan berdampak masif buat bisnis kita. karena mereka akan  menyampaikan kepada orang lain tentang kekecewaan mereka. nah lho… susah kan?

 

Kepuasan itu adalah tujuan antara, seperti yang ditulis tadi. Tujuan utamanya adalah bagaimana konsumen itu menjadi loyal atas produk kita. ini adalah tugas utama dari setiap entrepreneur dalam berbisnis. Loyalitas.

 

Loyalitas ini merupakan kesetiaan konsumen terhadap produk kita. penting karena menjadi darah buat kita dalam berbisnis. Ini kata kuncinya. Loyalitas akan membantu kita dalam mencapai tujuan bisnis berupa profit dan juga menambah konsumen kita nantinya.

 

Loyalitas tersebut memiliki beberapa tingkatan yang harus dicapai oleh setiap entrepreneur. apa saja itu? Bagaimana membuat konsumen melakukan repeat purchase untuk produk kita yang sama. Repeat purchase atau disebut juga dengan repeat order adalah penting untuk membantu capaian penjualan atau
 

Tingkat kedua adalah bagiamana membuat konsumen membeli produk kita yang lain. Seringkali kita lupakan potensi ini. Sementara kita memiliki diversifikasi produk yang menarik buat konsumen sebenarnya. Terkadang, kita lupa untuk mengembangkan hal ini. Entah kenapa.

 

Tingkatan ketiga berhubungan dengan bagaimana konsumen memberikan rekomendasi kepada orang lain untuk membeli produk kita tersebut. rekomendasi ini penting untuk menambah prospek pembeli. Aipalagi sampai membeli produk tersebut. akan semakin terasa manfaatnya.

 

Tingkatan terakhir adalah berhubungan dengan bagaimana mereka menolak setiap tawaran daripara pesaing atas produk kita tersebut. penolakan terhadap produk pesaing akan menjadi benteng terhadap produk kita agat tidak diambil oleh para pesaing. Dahsyat sekali kalau hal ini bisa kita fokuskan untuk menjaga bisnis kita.

 

Itulah tugas utama setiap entrepreneur sebagai pemasar. Lakukan hal itu dan insyaAllah bisnis kita akan terus besar bersama konsumen. Karena konsumenlah yang membuat bisnis kita besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>