Setiap Orang Harus Mengikuti Perubahan

Saat ini, sebagai seorang entrepreneur, kegiatan saya mengamati begitu banyaknya program ataupun kegiatan yang dilakuakn disekitar kita. Kegiatan yang berhubungan dengan pemerintah. Itulah kenyataannya. Bahkan, tahun ini disebut dengan tahun politik.

Berbagai kegiatani ini benar-benar tidak bisa dilepaskan dari apa yang kita jalankan sendiri. Yaitu lingkungan bisnis yang terus berubah. Bahkan saat ini, selalu saya sampaikan sudah mengalami turbulensi. Itulah poin nya. Perubahan lingkungan adalah suatu hukum alam.

Bagaimaan dengan kita. Sebagai entrepreneur, tadi pagi saya sampaikan kepada teman-teman. Setiap orang harus mengikuti perubahan ini. Itulah tuntutan bagi setiap entrepreneur. Sadarlah dengan kondisi ini. Kalau kita gagal,hancurlah bisnis kita.

Perubahan yang kita ikuti tersebut, akan membantu kita menentukan posisi kita didalampeta industri tersebut. Penentuan posisi ini berdampak pada dimana kita saat ini. Ini sangat penting. Jangan kita sampai tidak tahu posisi tersebut. Posisi diantara para pesaing.

Selanjutnya, kita tahu mau kemana. Tidak semua orang tahu mau kemana. Jelas sekali. Arah mau kemana tersebut akan menjadi panduan kita. Seringkali kita tidak sadar akan hal ini. Oleh karena itu, perlu lah kita memahami arah yang hendak dicapai.

Terakhir, barulah kita akan tahu, pilihan strategi yang akan diambil. Kita memang harus membuat keputusan sebagai bagian dari strategi tersebut. Jelas bagaimana kita memiliki strategi untuk menang dalam persaingan bisnis ini.

Jadi, bagiamanapun perubahan terjadi dalam lingkungan bisnis kita, akan sangat menguntungkan bila kita benar-benar bisa fokus kesana.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.