SIPOC: Belajar Operation Management

web OMProses bisnis menjadi perhatian setiap entrepreneur ketika memasuki kelas GIMB Entrepreneur School batch 12 yang berlangsung tadi pagi. Ada tiga siswa yang hadir karena hujan yang cukup deras dan membuat banyak siswa berhalangan untuk hadir.

Materi proses bisnis menjadi semakin menarik ketika entrepreneur dituntut untuk bisa memberikan kontribusi pada peningkatan penjualan atau revenue dan juga menurunkan cost sehingga profit yang didapatkan bisa semakin meningkat. Dalam hal ini, proses bisnis tersebut bertujuan untuk membuat bisnis entrepreneur dapat tumbuh dan berkembang.

Kesalahan entrepreneur dalam mengelola bisnis adalah proses bisnis yang kurang diperhatikan sehingga berdampak kepada tingginya defect atau tingkat kesalahan dalam bisnis mereka. proses bisnis penting agar dapat menurunkan tingkat defect dan meningkatkan kualitas produk dan juga menurunkan biaya.

Proses bisnis tersebut adalah bagaimana memahami konsep SIPOC yang merupakan singkatan dari supplier, input, process, output dan consumer. SIPOC ini dapat melihat bagaimana proses bisnis setiap entrepreneur dan tahap mana yang menjadi key success factor bagi entrepreneur dalam berbisnis.

Supplier menjadi bagian penting dalam bisnis. Supplier ini berkontribusi kurang lebih 70 – 80% dari total biaya yang ditanggung oleh suatu perusahaan dalam menghasilkan produk, baik berupa barang atau  jasa. Entrepreneur perlu memberikan perhatian terhadap setiap bentuk hubungan dengan supplier. Perusahaan menggunakan supplier relationship management dalam bisnis mereka.

Program SRM ini bertujuan untuk menghemat pengeluaran dari setiap perusahaan dari supplier nya. Kunci dengan supplier adalah bagaimana membangun hubungan baik dan saling menguntungkan dengan supplier itu sendiri. Pola pembayaran dan juga diskon bisa didapat dari supplier tersebut sehingga dapat membuat reduksi atas biaya yang timbul dari supplier perusahaan entrepreneur.

Bagaimana dengan input? Dalam hal ini juga terkandung biaya yang relevan sehingga akan menyebabkan bagaimana entrepreneur bisa berhasil dalam bisnis mereka. Input berhubungan dengan bagaimana memasukkan barang dari supplier ke perusahaan yang dapat dilihat dari aspek transportasi dan juga warehousing atas bahan baku tersebut.

Adapun process berhubungan dengan bagaimana membuat produk, berupa barang atau jasa sehingga proses ini dapat efektif dan efisien. Target dari setiap entrepreneur penting untuk dicapai dalam proses produksi.  Cost yang melekat pada proses ini perlu dikontrol oleh setiap entrepreneur agar dapat memberikan value yang optimal.

Bagaimana dengan ouput? Ini berhubungan dengan bagaimana entrepreneur dapat mendistribusikan produk kepada konsumen. Peran distributor sangat penting bagi perusahaan agar diketahui bagaimana penghantaran produk kepada konsumen. Ada juga potensi biaya disini dan harus dikontrol. Kebocoran biaya seringkali terjadi dan menuntut setiap entrepreneur bisa memberikan yang terbaik agar bisa direduksi.

Yang terakhir adalah konsumen itu sendiri dimana merekalah yang mengkonsumsi produk yang dihasilkan oleh perusahaan. konsumsi ini penting untuk memastikan bagaimana produk itu sampai dan dibeli oleh konsumen.

SIPOC inilah yang menjadi perhatian setiap entrepreneur agar entrepreneur dapat meningkatkan  value bagi perusahaan berupa peningkatan revenue dengan kualitas produk yang sesuai dengan need, want dan demand konsumen. Selain itu, juga akan mengurangi defect yang membuat bisnis entrepreneur memiliki tingkat biaya yang rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>