Strategic Management Process

web SMMateri yang diberikan kepada siswa GIMB Entrepreneur School (GES) batch 12 siang ini adalah strategic management process yang merupakan pertemuan kedua karena memang dijadwalkan dua kali pertemuan bagi siswa GES. Hari ini berhubungan dengan materi yang berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur diarahkan untuk membuat analisis terhadap proses manajemen stratejik.

                Berbicara tentang strategic management process adalah bagaimana setiap entrepreneur diharapkan mampu menjadi ahlis strategi dalam setiap bisnis dengan memiliki knowledge, skill dan attitude dalam membuat proses manajemen stratejik. Kerangka berfikir ini penting agar mereka bisa membuat setiap strategi yang sesuai dengan kondisi lingkungan internal dan eksternal dan tetap mencapai tujuan yang sudah ditetapkan yaitu profit, people, planet, sustainability serta bisnis yang terus tumbuh dan berkembang dari skala mikro, kecil, menengah dan besar.

                Pada akhirnya, dalam setiap keputusan yang sudah dibuat oleh entrepreneur harus bisa berdasarkan kepada strategi dari perusahaan. seringkali entrepreneur terjebak dengan keputusan yang dibuat berdasarkan emosi dan kurang berfikir panjang. Dampaknya adalah kualitas keputusan yang dibuat akan tidak terlalu baik dan dampak yang kurang optimal bagi bisnis itu sendiri.

                Oleh karena itu, perlu memahami strategic management process dengan baik. Salah satu model yang perlu dipahami dengan baik adalah dari hunger dan wheelen dimana proses manajemen stratejik tersebut dimulai dari analisis lingkungan bisnis. Environmental scanning adalah tahap pertama yang harus dipahami dan dijalankan oleh entrepreneur.

                Lingkungan bisnis tersebut dapat dilihat dari lingkungan internal dan lingkungan eksternal yang memberikan dampak berupa kekuatan atau kelemahan serta peluang dan ancaman dari setiap lingkugan bisnis tersebut. Environmental scanning akan bisa digunakan untuk menetapkan posisi stratejik perusahaan setiap entrepreneur dalam lingkungan bisnis. Tentu akhirnya dapat berhubungan pilihan strategi bisnis entrepreneur itu sendiri.

                Tahap kedua adalah berhubungan dengan merumuskan strategi untuk bisnis. Dalam konteks ini, diharapkan bagaimana visi, misi, tujuan, sasaran, pilihan strategi, value, pilihan strategi dan juga policy atau kebijakan dalam bisnis . kebijakan inilah yang menjadi dasar untuk bisnis selanjutnya sehingga bisnis dapat mencapai tujuan.

                Tahap ini penting bagi entrepreneur karena akan menjadi dasar untuk menjalankan bisnis  dan menjadi pijakan dalam menjalankan bisnis tersebut. sudah waktunya entrepreneur bisa membuat visi, misi dan lain-lain di atas sebagai fondasi untuk bisnis mereka.

                Tahap ketiga adalah bagiamana membuat strategic implementation dalam bisnis sehingga dapat dijalankan berupa program, anggaran dan juga standard operation procedure yang memang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut dengan baik. disinilah program penting bagi strategi itu sendiri sehingga jelas kedepannya untuk mencapai tujuan perusahaan.

                Tahap terakhir berhubungan dengan bagaimana setiap entrepreneur melakukan evaluasi dan

Control atas capaian yang didapat selama melakukan environmental scanning, strategic formulation dan strategic implementation.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>