Sudahkah Anda Membuat Prosedur yang Tepat untuk Proses Bisnis?

Bisnis bagi saya tidak boleh hanya dilakukan oleh satu orang saja, seperti owner ataupun manajer dalam suatu perusahan. Kemudian, bisnis tersebut harus berjalan tanpa adanya owner ataupun manajer. yang terakhir adalah proses bisnis tersebut harus mampu menjamin reliability atau konsistensi setiap saat.
Pertanyaan-pertanyaan tersebut adalah pertanyaan diantara beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh seorang dalam bingkai bisnis yang dijalankan oleh para pebisnis suatu perusahaan ataupun business owner.
Relevansinya dengan proses bisnis adalah perlunya prosedur yang tepat dalam suatu perusahaan yang berhubungan dengan proses bisnis tersebut. Setiap aktivitas dalam perusahaan harus dibuatkan prosedurnya sebagai acuan setahap demi setahap atas kegiatan yang dilakukan tersebut sesuai dengan standar yang ada dalam perusahaan.
Prosedur tidak boleh hanya meng-copy paste kan kegiatan yang ada diperusahaan orang lain dan kemudian diterapkan dalam perusahaan kita. SALAH… tidak bisa seperti itu… akan banyak bias dalam proses pelaksanaannya nanti karena karena belum tentu sama dengan proses bisnis perusahaan kita.
Oleh karena itu, prosedur tersebut harus digali dari habit atau proses yang sudah berjalan dalam perusahaan kita selama ini, kemudian kita tulis satu persatu dan dijalankan berdasarkan apa yang ditulis tersebut.
Setelah itu, barulah kita uji dengan membandingkan dengan prosedur perusahaan sejenis untuk dicari perbaikannya. Kemudian dijalankan dan terus dievaluasi untuk diperbaiki.
Sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/sudahkah-anda-membuat-prosedur-yang.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.