Sumber Keuangan Untuk Memulai Usaha

Salah satu resources perusahaan adalah keuangan yang dimiliki oleh seorang entrepreneur dalam menjalankan usaha mereka. Sumber daya keuangan ini sangat menentukan jalannya perusahaan.
Tapi, apakah benar semuanya tergantung kepada keuangan? Hati-hati, jawabannya bisa iya bisa tidak. Akan tetapi, jangan melihat kondisi tersebut dan memperdebatkannya sehingga menjadi tidak fokus terhadapap pembahasan masalah keuangan perusahaan.
Salah satu isu yang paling penting dalam membangun usaha adalah apakah dana tersebut perlu dari pinjaman atau tidak ketika mengawali usaha? Bagi seorang entrepreneur harus menyadari pertanyaan ini dengan baik dan menjawabnya secara cerdas.
Seringkali orang berbisnis langsung jor-joran meminjam dari bank atau pihak non perbankan lainnya. Dengan bangga, mereka menggunakannya untuk membeli atau menyewa kantorĀ  mewah, fasilitas kantor yang wah serta promosi yang besar-besar demi mempromosikan perusahaan tersebut kepada publik.
Akan tetapi, mereka lupa bahwa uang tersebut adalah hasil dari utang yang harus dikembalikan secara rutin kepada bank atauĀ  lembaga non bank lainnya. Apakah ini diperbolehkan? Kan itu uang yang sudah dipinjamkan oleh mereka?
Hati-hati, jangan lupa dengan siklus hidup bisnis atau perusahaan dimana diawali dengan rendahnya penerimaan perusahaan (renevue) dan profit yang belum tentu ada untuk menggerakaan usaha tersebut. Sementara cicilan atau kewajiban sudah harus dibayar. Nah lho… apa yang harus dilakukan bila kondisi seperti ini sudah terjadi?
Saya pribadi tidak menyarankan untuk meminjam uang ke bank dulu. Lebih baik memanfaatkan seluruh potensi atu sumber daya diri sendiri atau lingkungan yang tidak perlu membayar kewajiban setiap bulan. Artinya, gunakan aset yang ada. Selain itu, buatlah kerjasama dengan pihak lain sehingga resiko tidak harus ditanggung sendiri.
Sumber : http://www.merizahendri.com/2012/12/sumber-keuangan-untuk-memulai-usaha.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.