Superior Value

web valueKemaren, ketika pulang dari kantor GIMB setelah mengajar wrap up materi yang diberikan kepada siswa GIMB Entrepreneur School, baru sadar bahwa disebelah ada konsultan UKM juga dan di blok lainnya di kompleks Grand Surapati Core Bandung juga ada lembaga yang sejenis dengan GIMB Entrepreneur School.

Tersadar bahwa semakin banyak lembaga yang memberikan layanan seperti GIMB dan senang juga karena semakin banyak pihak yang menawarkan value kepada anak muda yang ingin sukses dalam bisnis mereka. Kondisi ini perlu dipahami bahwa setiap lembaga harus memiliki sesuatu yang berbeda bagi entrepreneur.

Hal ini mengingatkan kepada konsep yang disampaikan oleh salah seorang profesor saya di kampus yaitu bagaimana setiap lembaga memberikan superior value ketika menghadapi pesaing yang menawarkan produk berupa barang atau jasa yang sejenis kepada pasar yang sama. Ini menjadi tantangan bagi setiap penyedia jasa.

Hanya perusahaan yang mampu menawarkan superior value saja yang akan bertahan ditengah persaingan dan tetap dipilih oleh konsumen karena memang begitulah karakter umum setiap konsumen saat ini yang semakin pintar dan semakin tidak loyal. Pesaing lah yang salah satu pihak yang mengedukasi konsumen untuk mencari superior value tersebut.

Superior value merupakan konsep dimana setiap perusahaan memberikan value lebih dari pesaingnya. Apa saja yang diberikan? Value terdiri dari benefit dibanding cost (Benefit/cost). Konsumen akan mencari benefit yang paling besar dan cost yang paling kecil. Bagaimana dengan bisnis teman-teman?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.