System Management Bisnis Kita

Dalam satu diskusi dengan beberapa entrepreneur kemaren, saya agak kaget. Kenapa mereka belum bisa membuat suatu program yang berkelanjutan. Apalagi dalam konteks actuating nya.

Seringkali sebuat program hanya bagus diawal. Kemudian, mulai menurun perlahan-lahan dalam eksekusinya. Pada akhirnya tidak jalan lagi.

Ada apa? Kok bisa? Itulah pertanyaan yang seringa ditanyakan kepada saya. Kok bisa gitu loh…

Ya bisa aja, kata saya. Karena seringkali orang membuat program tidak memiliki konsep yang kuat. Maksudnya?

Jelaskan dulu tujuan dan sasaran yang hendak dicapai. Hal ini penting sebagai acuan dalam menjalankan program tersebut. Posisinya strategis.

Kedua adalah menjadikannya sebagai habit. Habit disini jelas berhubungan dengan kebiasaan. Ketiga membuat prosedur yang jelas. Prosedur ini adalah langkah-langkah kerja.

Keempat, membuat prosedur tersebut menjadi sebuah sistem. Sistem yang terdiri dari sub-sub sistem dan saling berhubungan.

Kelima, memiliki komitmen untuk menjalankan prosedur tersebut. Komitmen penting karena berhubungan dengan individu kita. Penting sekali.

Keenam, membuat reward dan punishment dalam menjalankan program tersebut. Ketujuh, munculkan leadership kita untuk menjalankan itu program.

Kedepannya, tentu setiap program yang sudah dibuat harus dilaksanakan dan terus berjalan. Tidak putus-putus. Sukses buat kita semua.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Widgets powered by AB-WebLog.com.