Tantangan Seorang Entrepreneur

Salah satu tantangan terbesar seorang entrepreneur saat ini adalah perubahan lingkungan. Perubahan lingkungan yang relevan dengan kenaikan harga bahan bakar minyak atau BBM. Setelah ditetapkanoleh pemerintah pada hari jumat 21 juni yang lalu, mulailah tantangan itu kepada para entrepreneur. Bagaimana dengan entrepreneur?

Dalam satu tulisan yang saya buat kemaren, saya mendapatkan bahwa para entrepreneur harus menghadapi kenaikan harga bbm tersebut menjadi tantangan. Tantangan yang harus ditaklukkan. Jangan sebaliknya malah. Dimana malah kita yang takluk oleh kenaikan tersebut. Berupa kemunduran dari bisnis kita.

Apa yang ingin saya bagikan kepada teman-teman adalah bagaimana kita harus memanfaatkan kreativitas dan inovasi dalam bisnis kita tersebut. Kreativitas berhubungan dengan bagaimana kita bisa mengembangkan ide-ide untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh bisnis tersebut. Termasuk adalah kenaikan harga bbm tersebut.

Kemudian, harus mengembangkan inovasi dalam bisnis tersebut juga. Inovasi itu berhubungan dengan ide-ide yang dikembangkan harus diterima oleh pasar. Artinya, ide tersebut harus diterima pasar dengan baik. Itu yang harus menjadiperhatian.

Jadi, meskipun harga bbm naik, akan tetapi, tetap saja ada peluang dari kejadian ini agar kita bisa menjadikan bisnis kita terus tumbuh dan berkembang, perlu kita sadari bahwa, perubahan lingkungan ini adalah sesuatu yang pasti. Kita tidak bisa mengontrol perubahan tersebut. Oleh karena itu, kita hanya bisa melihat dan menciptakan peluang daripada perubahan lingkungan tersebut.

By : Meriza Hendri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>